Cara Meningkatkan Produktivitas Dengan Hal Sederhana

29 Oct 2019 | Human Resources | Karyawan

Sebagai karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, maka berkewajiban untuk selalu memberikan kinerja dan performa yang baik demi terwujudnya target. Pemenuhan target tersebut juga merupakan faktor pendukung untuk meniti jenjang karir si karyawan kedepannya. Sering kali hal ini dirasa semakin berat karena adanya faktor eksternal yang menyita pikiran, seperti adanya masalah keluarga, kurangnya dukungan lingkungan dan adanya gangguan kesehatan maka akibatnya dapat mengganggu produktivitas. Mulai dari pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu, tidak mencapai target dan semakin menumpuknya pekerjaan yang berikutnya. Untuk mencegah menurunnya produktivitas tersebut, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga produktivitas dalam bekerja.

Membuat to do list

Sebelum memulai pekerjaan biasakanlah membuat to do list yang berisi daftar pekerjaan yang akan dilakukan di hari tersebut. Dengan begitu Anda bisa fokus kepada hal-hal yang penting yang harus diselesaikan dan bisa memotivasi diri sendiri untuk menyelesaikan to do list tersebut. Dan jangan lupa untuk mengurutkan daftar sesuai dengan prioritasnya masing-masing dan letakkan di tempat yang selalu bisa dilihat selama bekerja. Dan tandailah pekerjaan yang sudah diselesaikan.

Ciptakan tempat kerja yang nyaman

Lingkungan yang nyaman ditentukan oleh beberapa hal dan hal-hal kecil seperti kebersihan dan kerapian meja ataupun ruangan kerja juga dapat menentukan hal tersebut. Karena bagi kebanyakan orang, lingkungan kerja yang kotor dan tidak tertata rapi akan membuat risi dan mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu buatlah lingkungan kerja Anda senyaman mungkin agar dapat lebih fokus dan betah untuk bekerja.

Fokus pada satu hal dalam satu waktu

Bukan berarti Anda tidak dibolehkan multitasking, namun diri sendiri harus mengerti kemampuan dan beban atas suatu pekerjaan yang dilakukan. Jika task yang dikerjakan cukup sulit, maka fokuslah terhadap pekerjaan tersebut lebih dahulu sebelum memulai pekerjaan lainnya. Jika tidak, maka multitasking yang tadinya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, justru akan berdampak sebaliknya dan menyebabkan pekerjaan tidak terselesaikan dengan tuntas. Mengelola task dan fokus pada pekerjaan saat ini dapat dibantu oleh aplikasi software, misalnya jika Anda merupakan seorang personalia maka Anda dapat memanfaatkan software hris indonesia dalam mengelola data karyawan. Anda juga akan mendapatkan reminder jika ada karyawan yang belum lengkap terisi datanya sehingga dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Break sejenak

Karyawan tentu tidak bisa bekerja terus menerus seperti robot tanpa istirahat, namun kadang kala justru para karyawan terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan tidak merasa tidak membutuhkan break. Pada break beberapa menit saja sangat berpengaruh terhadap konsentrasi untuk menunjang produktivitas. Untuk itu karyawan bisa beranjak dari kursinya dan mengambil beberapa menis saja untuk berjalan-jalan atau sekedar bersosialisasi dengan rekan kerja. Namun jika hal tersebut tidak berpengaruh kepada Anda, mungkin sudah saatnya Anda merencanakan liburan ke destinasi wisata favorit untuk melepas penat.

Sisihkan waktu untuk membaca email

Pada saat menerima email, mungkin kita sedang fokus dengan suatu pekerjaan yang harus dilakukan dengan konsentrasi tinggi dan ketika terjeda dengan membaca email butuh waktu untuk fokus kembali. Semakin tinggi level jabatan maka biasanya semakin banyak email yang diterima dan tentu saja tidak mungkin Anda mengabaikan email-email tersebut. Penting untuk melihat sekilas email yang masuk dan jika tidak terlalu penting, Anda tidak perlu langsung membacanya dengan seksama. Namun Anda tetap harus membaca kembali email-email itu agak tidak kehilangan informasi penting. Sisihkan waktu Anda untuk fokus dengan membaca email setiap pagi sebelum mulai bekerja, sebelum atau sesudah istirahat siang yang tentunya bisa disesuaikan dengan waktu dan rencana kerja Anda.

Selesaikan urusan yang bisa mengganggu fokus

Masalah tidak hanya terjadi di sekitar lingkungan kerja, sebagai karyawan pasti memiliki urusan lain yang harus diselesaikan. Sebagai contoh membayar pajak, servis kendaraan, masalah rumah tangga dan urusan lainnya yang jika tidak segera diselesaikan akan mengganggu kita untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan. Sisihkan waktu untuk mengurus hal-hal tersebut, misalnya pada saat libur atau memang jika harus izin, maka jangan ragu untuk meminta izin kepada atasan.

Tidur dan bangun lebih awal

Kita sering mendengar kata-kata yaitu kesuksesan berawal dari diri sendiri. Sebelum Anda berhasil mengatur pekerjaan / perusahaan, Anda harus bisa mengatur diri Anda sendiri. Termasuk waktu tidur tiap harinya. Kadang tidur dan bangun lebih awal acapkali sering disepelekan padahal efeknya dapat membuat kita bangun dengan keadaan yang lebih fresh. Dengan tidur yang cukup maka bisa lebih fokus dalam bekerja dan tidak merasa tergesa-gesa di pagi hari dan tentunya akan memudahkan kita untuk berkonsentrasi di saat bekerja.

 

 

 

 

  

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories