Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja secara Efektif

15 Oct 2019 | Human Resources | Karyawan

Tips meningkatkan produktivitas kerja secara efektif seringkali menjadi salah satu bahan yang dicari-cari oleh karyawan dalam meningkatkan performa bekerja. Pernahkah di sore atau malam hari anda merasa telah melakukan pekerjaan anda sesuai yang direncanakan, tetapi pada kenyataannya pekerjaan tersebut menjadi lebih kompleks dan lebih lama dari sebelumnya. Bekerja secara efektif mungkin saja menjadi sesuatu yang sulit apalagi ketika waktu deadline semakin dekat. Terkadang kita sulit untuk menganalisa apa yang dapat diubah agar kita mencapai kerja yang produktif dan efektif.

Dari kondisi diatas, anda dapat mencoba hal-hal dibawah ini untuk memulai produktifitas kerja  yang efektif.

Buatlah Target yang Nyata dan dapat Dicapai     

Menerapkan target yang tidak realistis dapat membingungkan kita. Bagilah pekerjaan tersebut menjadi tahapan-tahapan yang perlu diselesaikan demi mencapai target penyelesaian. tahapan-tahapan ini lebih sederhana dibanding berusaha menyelesaikan seluruh pekerjaan sekaligus tanpa menganalisa bagaimana cara efektif untuk menyelesaikannya.

Jangan Tunda Pekerjaan karena dianggap Lebih Sulit dari yang Lainnya

Pastikan anda sudah menyiapkan jadwal kerja  dan to dolist anda. Apa yang telah anda kerjakan kemarin, apa yang hari ini perlu anda kerjakan dan apa yang harus anda lakukan besok. Hindari menunda pekerjaan berat  yang anda dapat kerjakan sekarang. Jika anda melakukan pekerjaan berat dan sulit di sore hari, maka energi dan konsentrasi anda mungkin saja sudah berkurang  sehingga pekerjaan berat tersebut menjadi terasa lebih sulit lagi. Usahakan mengerjakan pekerjaan berat  tersebut di waktu anda dapat berkonsentrasi penuh (misal di pagi hari) agar dapat menyelesaikannya dengan efektif. Membagi-bagi prioritas tugas anda juga dapat efektif menambah produktifitas anda.

Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu yang baik membantu anda menyelesaikan tugas tepat waktu sehingga ada waktu tersisa untuk anda gunakan untuk hal yang lain, misal beristirahat singkat, belajar hal-hal baru, dan mengurangi stress. Poin-poin ini dapat membantu anda mengatur waktu dalam bekerja:

  1. Selalu jadwalkan tugas dan waktu anda. Pekerjaan anda bisa saja menjadi tiba-tiba bertambah banyak dan kompleks. Dan anda bisa lupa dengan apa yang harus anda kerjakan sekarang. Anda dapat juga menggunaan tools penjadwalan untuk membantu anda memasang pengingat waktu untuk kapan mengerjakan tugas A,B, C dan seterusnya. Dengan waktu dan tugas yang terkoordinasi pekerjaan anda pasti lebih produktif.

  2. Perhatikan deadline waktu. Jangan terlalu mengandalkan deadline yang dipasang atasan anda. Anda juga perlu memperkirakan deadline untuk diri anda sendiri, sehingga anda semangat dan fokus  untuk menyelesaikan tugas tersebut. Jangan biasakan menunda-nunda pekerjaan yang dapat dikerjakan sekarang. Hal menunda  ini yang biasanya membuat anda kalah dari deadline anda.

  3. Fokus 100% setiap tugas. Usahakan untuk fokus pada 1 tugas dan cobalah untuk menyelesaikannya 100% sebelum fokus pada tugas berikutnya. Hal ini mencegah konsentrasi anda terpecah dan anda jadi tidak dapat menyelesaikan semua tugas anda. Identifikasi juga kapan saja anda merasa konsentrasi anda penuh dan siapkan tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi penuh tersebut.

  4. Anda sering lupa dalam pekerjaan anda? Jika anda merasa seperti ini , maka ini saatnya anda menggunakan catatan/agenda dalam bekerja. Catat tugas/ hal-hal pekerjaan anda baik di buku catatan khusus atau di software jadwal anda. Dengan catatan yang baik produktifitas anda terbebas dari alasan lupa.

  5. Hindari Multitasking. Sedapat mungkin hindari multitasking. Mungkin anda ingin mengerjakan semua pekerjaan anda sekaligus, kenyataannya anda tidak bisa fokus sama sekali dalam mengerjakannya sehingga hasilnya bisa menjadi buruk. Bagilah prioritas pekerjaan anda dan waktu mengerjakannya dengan menggunakan tips-tips diatas.


Salah satu Software HRIS Indonesia yang memiliki fitur pengingat adalah Sigma HRIS. Sigma HRIS menyediakan pengingat  status kontrak kerja karyawan kepada tim HRD agar tidak melupakan perpanjangan kontrak kerja karyawannya.


Apakah anda mengikuti tips diatas dan berhasil? JIka ya, anda dapat membagikan pengalaman anda dengan rekan-rekan anda agar mereka dapat produktif seperti anda.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories