Format NIK Karyawan Yang Umum Digunakan

13 Apr 2022 | Human Resources | Karyawan

Format NIK Karyawan Yang Umum Digunakan - Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki karyawan sebagai sumber daya manusia, dan perlu pengaturan agar bisa mengelola karyawan. Masing-masing karyawan perusahaan memiliki Nomor Induk Karyawan atau yang biasa dikenal dengan NIK dan bersifat unik.

Nah ternyata format pembuatan NIK tidak ada aturan bakunya lho, masing-masing perusahaan memiliki format yang berbeda. Tidak ada aturan yang wajib mengatur bagaimana format apa yang harus ada dalam NIK, karena tiap perusahaan tentu saja memiliki tujuan serta kebijakannya tersendiri.

Sebelum kita mengetahui format NIK yang umum dipakai oleh perusahaan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan adanya NIK. Yang mana tujuan utamanya adalah sebagai dasar mengelola administrasi karyawan serta kemudahan dalam pencarian dan pencatatan administrasi.

Jumlah digit yang digunakan juga bervariasi biasanya 8-12 digit disesuaikan dengan kebijakan perusahaan, namun di dalam NIK karyawan umumnya mencakup komponen di bawah ini :

1. Tahun & Bulan Join

2. Nomor Urut

3. Kode Cabang

4. Kode Jabatan

5. Kode Divisi / Department

Contoh : [Tahun][Bulan][ Kode Cabang][Kode Jabatan] [No Urut]

- Jumlah NIKnya terdiri dari 12-13 digit

- Contohnya :2021010024001 (Masuk kerja di tahun 2021, bulan Januari, kode cabang 02 = Surabaya, kode jabatan 4 = staff dengan nomor urut 1)

Apabila format NIK perusahaan Anda tidak ada didalam info di atas maka bukan berarti NIK yang diberikan perusahaan Anda adalah format yang salah ya. Karena kembali lagi bahwa NIK tidak memiliki aturan baku dan disesuaikan dengan kebutuhan software payroll perusahaan masing-masing . Seperti contohnya dengan adanya kode cabang pada NIK maka akan mempermudah HR dalam pengecekkan tempat pertama kali karyawan tersebut di rekrut. Dalam penggunakan software HR pun seperti Sigma HRIS, NIK berfungsi sebagai ID karyawan, sehingga pencarian data maupun transaksi lainnya dapat dicek secara otomatis melalui NIK karyawan, lebih cepat dan lebih efisien.


Ketentuan & Disclaimer

  • Website ini adalah karangan yang didasarkan pada pendapat atau pandangan penulis. Penyebutan nama, contoh atau referensi dalam Website ini adalah karangan penulis. Jika ada kesamaan nama, contoh, atau referensi, itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan.
  • Pembuat, penyedia maupun penyebar Website ini dibebaskan dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan, klaim, dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga, serta dibebaskan dari tanggung jawab atas semua kerugian serta resiko yang timbul sehubungan Website ini.
  • Website ini bukan merupakan dasar hukum dan tidak dapat dijadikan dasar atas suatu kasus tertentu.
  • Dengan mengakses website ini, pengakses sudah setuju atas Ketentuan & Disclaimer ini

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories