Apakah Karyawan Berhak Meminjam Uang ke Perusahaan?

11 Apr 2019 | Human Resources | Karyawan

Apakah Karyawan Berhak Meminjam Uang ke Perusahaan? - Dalam menyediakan fasilitas bagi karyawan, seringkali ditemui perusahaan yang memberikan fasilitas berupa pinjaman uang. Ada yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, membantu karyawan yang membutuhkan dana dalam waktu cepat, pinjaman perumahan, pendidikan ataupun keperluan mendadak lainnya.

Sejauh ini, belum ada regulasi yang menyebutkan maupun mengatur mekanisme pemberian fasilitas pinjaman dari perusahaan kepada karyawan. Pada umumnya aturan fasilitas pinjaman karyawan diatur dalam perjanjian kerja bersama maupun peraturan perusahaan. Dasar mekanisme pemberian fasilitas pinjaman kepada karyawan pun berbeda-beda antar perusahan satu dengan yang lainnya, ada yang menetapkan jumlah pinjaman berdasarkan peforma karyawan, waktu pengabdian, tingkat jabatan, dan sebagainya.

Lalu apa yang menjadi keuntungan bagi perusahaan untuk memberikan pinjaman ke karyawan? Berikut manfaatnya:

  1. Meningkatkan Loyalitas Karyawan dan Produktifitas
    Karyawan akan merasa diperhatikan oleh perusahaan, terutama ketika membutuhkan uang untuk keperluan mendesak dan kesulitan dalam meminjam uang melalui bank. Pinjaman uang seperti ini akan mempermudah karyawan dalam menyelesaikan masalah keuangannya. Karyawan menjadi loyal dan berusaha meningkatkan produktifitasnya untuk memberikan rasa terima kasihnya kepada perusahaan yang telah membantunya.

  2. Mengikat Karyawan sebagai Strategi Menekan Angka Resign Karyawan
    Pinjaman perusahaan bisa dijadikan salah satu strategi untuk mencegah karyawan resign. Memang hal ini tidak dapat digunakan untuk semua kasus, tapi memberi pinjaman kepada karyawan yang sedang membutuhkan dapat membuat karyawan berpikir ulang untuk pergi dari perusahaan anda.

Selain itu perlu juga memperhatikan hal-hal berikut dalam memberikan pinjaman karyawan:

  1. Keuangan Karyawan
    Sebagai seorang HR perlu juga memperhatikan kondisi keuangan karyawan, jangan sampai karena sering diberikan pinjaman dan penggunaannya boros untuk hal-hal yang kurang positif menjadikan karyawan terjerat hutang di perusahaan. Padahal awalnya tujuan diberikan pinjaman adalah untuk kebaikan bersama.

  2. Keuangan Perusahaan
    Untuk menyediakan dana pinjaman karyawan dan monitoringnya, perusahaan perlu menghitung cashflow apakah dananya cukup dan dapat dilunasi dalam periode tertentu. Jika salah perhitungan maka banyaknya pinjaman karyawan ini dapat memberatkan keuangan perusahaan juga.


Memantau pinjaman dan memotong otomatis gaji untuk peminjaman karyawan menjadi lebih mudah apabila menggunakan Software Payroll Indonesia dan Software HRIS Indonesia. Sigma HRIS adalah payroll software lengkap untuk HR, kehadiran dan payroll serta mendukung HRIS seperti rekrutmen, business travel, performance management dan Learning & Development.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories