Tips Menentukan Sistem Penggajian Perusahaan Anda

03 May 2019 | HRIS Software | Penggajian

Tips Menentukan Sistem Penggajian Perusahaan Anda - Salah satu faktor yang perlu ditentukan sebelum perusahaan menggunakan sistem HR adalah sistem penggajian yang akan digunakan. Kompleksitas dalam penentuannya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah jumlah karyawan, jika suatu perusahaan memiliki karyawan yang relatif sedikit, tentu sistem gaji karyawan yang digunakan tentulah tidak terlalu kompleks. Akan tetapi jika perusahaan tersebut telah memiliki ratusan hingga ribuan karyawan tentu penentuan sistem gaji bukanlah hal sederhana lagi. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari pembagian kelas karyawan, lama pengabdian, tipe status pekerja, tolak ukur performa hingga kebijakan khusus dari perusahaan.


Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu penentuan sistem gaji perusahaan:

  1. Lakukan Review Kinerja bersama Karyawan
    Review kinerja dilakukan untuk mengetahui progress dari pekerjaan yang dilakukan oleh bawahan. Kesempatan melakukan review ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh karyawan, performa karyawan tersebut, maupun aspek penting yang diharapkan oleh karyawan dalam penentuan gajinya.

  2. Persiapkan grading dalam menghitung gaji karyawan
    Jika anda masih menentukan gaji karyawan secara perseorangan, anda dapat mulai beralih ke sistem grading. Apa itu sistem grading? Sistem grading adalah pengklasifikasian atau penggolongan karyawan berdasarkan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
    Terdapat 4  Setelah grading di tentukan anda dapat mulai menentukan nilai upah yang dapat menjadi nilai rujukan pada setiap tingkatan.
    Contoh grading:


  3. Tentukan jadwal sistem pembayaran gaji
    Pada umumnya terdapat tiga metode yang diterapkan yaitu bulanan, mingguan, dan dua mingguan.
    • Bulanan
      Sistem pembayaran gaji bulanan merupakan metode paling umum diterapkan oleh perusahaan di Indonesia. Hal ini disebabkan regulasi pemerintah di Indonesia seperti BPJS dan PPh 21 juga dibayarkan secara bulanan. Selain itu metode ini juga memudahkan bagian finance, accounting, dan Pajak dalam mempersiapkan laporan mereka.

    • Mingguan
      Sistem pembayaran gaji mingguan sangat jarang diterapkan. Pertimbangan pertama yang membuat metode ini jarang diterapkan adalah faktor biaya. Semakin sering anda melakukan gajian maka biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk mengelola data gaji juga akan bertambah. Biaya transfer, biaya kertas untuk mencetak slip gaji dan laporan lainnya juga akan meningkat.

    • Dua Mingguan atau Setengah Bulan
      Sistem pembayaran dua mingguan berarti gaji karyawan dibayarkan dua kali dalam satu bulan, biasanya pada tanggal 15 dan 30 atau tanggal 1 dan 15. Metode ini merupakan alternatif metode alternatif di mana dapat mengurangi biaya dan kompleksitas yang terlalu tinggi seperti penggajian mingguan namun tetap menjaga rentang waktu penggajian tidak terlalu jauh sehingga data yang harus diinput dan dicek dalam satu periode penggajian tidak terlalu banyak.

Jika anda telah menentukan beberapa hal di atas, pastikan sistem HR anda dapat mendukung sistem gaji yang telah anda susun dan rencanakan. Anda dapat memanfaatkan fitur formula maupun remunerasi yang terdapat pada salah satu sistem HR yang beredar seperti Sigma HRIS dalam menghitung nominal pembayaran upah karyawan secara otomatis berdasar pada grading.


Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories