Manfaat Outing Bagi Perusahaan

20 Sep 2019 | Human Resources | Organisasi

Manfaat Outing Bagi Perusahaan - Memasuki industri 4.0 saat ini tidak hanya software hr yang dituntut harus semakin berkembang, namun para karyawan juga semakin dituntut untuk memiliki kinerja maksimal dan lebih kreatif. Tidak hanya karyawan yang berpikir keras untuk meningkatkan kinerja dan kreativitas mereka, tapi perusahaan juga. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja serta kreativitas karyawan, salah satunya dengan melakukan kegiatan outing.

Kegiatan outing biasanya sudah menjadi salah satu kegiatan rutin banyak perusahaan tiap tahunnya. Tujuan utamanya adalah sebagai bentuk penghargaan kepada karyawannya. Karena umumnya kegiatan outing dilakukan karena mencapai suatu target tertentu. Namun ada pula yang menjadikan kegiatan outing adalah sebuah budaya atau tradisi perusahaan di mana setiap karyawan wajib mengikutinya. Rutinitas pekerjaan sehari-hari dan beban kerja yang menumpuk menjadi salah satu alasan juga perusahaan mengadakan kegiatan outing. Lalu apa saja manfaat outing bagi perusahaan?

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas
    Outing diharapkan menjadi ajang untuk refreshing bagi karyawan disela rutinitas kerja, sehingga setelah outing selesai dilaksanakan karyawan akan lebih bersemangat dan lebih kreatif menyambut hari kerja berikutnya. Saat merasa rileks dan menikmati liburan saat outing maka ide-ide baru dan segar juga diharapkan akan muncul dan kinerja menjadi lebih maksimal.

  2. Meningkatkan Motivasi Kerja
    Biasanya HR perusahaan akan membuat perencanaan untuk kegiatan outing di awal tahun, dan menyebarkan infonya ke seluruh karyawan dan akan menjalankan outing tersebut di akhir tahun dengan memenuhi target tertentu. Maka nantinya karyawan akan merasa termotivasi untuk mencapai target yang harus dicapai.

  3. Mempererat Kerjasama Tim dan Hubungan antar Karyawan
    Dengan adanya kegiatan outing, maka akan diadakan permainan yang mana biasanya akan terdiri dari grup yang berasal dari divisi atau departemen yang berbeda. Karena biasanya di perusahaan antar karyawan yang berbeda divisi atau departemen hanya saling mengenal nama tanpa mengetahui lebih dekat sehingga outing bermanfaat agar antar karyawan lebih saling mengenal satu sama lain serta meningkatkan bonding dan kerjasama tim.

  4. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan
    Kegiatan outing yang mana didalamnya berisi permainan-permainan yang tidak hanya sekedar permainan namun juga mengasah jiwa kepemimpinan karyawan. Sehingga nantinya akan terlihat bibit-bibit kepemimpinan dari karyawan yang selama ini tidak terlihat.

Maka dengan banyaknya manfaat outing di atas diharapkan karyawan mampu bekerja lebih maksimal di hari-hari selanjutnya. Dan dengan bantuan software hr indonesia. Sigma HRIS yang memiliki modul HRIS yang lengkap performance management dapat mengolah penilaian karyawan anda dengan otomatis dan akurat.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories