Sulit Untuk Mencapai Goals Anda? Hindari Hal – hal Ini

08 Jun 2020 | Human Resources | Umum

Sulit Untuk Mencapai Goals Anda? Hindari Hal – hal Ini - Manusia sebagai individu pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam hidup mereka. Meskipun ada beberapa orang yang tidak bisa menjawab secara langsung terkait tujuan hidup, namun jika dilihat jauh kedalam hati masing – masing kemungkinan besar manusia memiliki satu atau beberapa tujuan, baik yang bersifat short term ataupun long term.

Memiliki tujuan dalam hidup memanglah penting, akan tetapi yang tidak kalah penting adalah usaha yang dilakukan untuk mengejar impian tersebut. Karena pada kenyataannya tidak semua orang mampu merealisasikan tujuan ataupun impian mereka. Tanpa melihat adanya faktor keberuntungan nampaknya untuk mencapai suatu tujuan kita harus memiliki strategi yang pas dan sesuai dengan situasi dan kondisi kita masing – masing.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat menghambat seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang tentu harus dihindari, berikut beberapa di antaranya :

Tujuan yang tidak spesifik

Tujuan yang dibuat harus jelas dan sespesifik mungkin, sehingga kita tahu persis koordinat yang akan dituju. Sebagai contoh seseorang memiliki tujuan untuk “menurunkan berat badan” tanpa menyebutkan jumlah berat yang ingin diturunkan. Tentu hal ini masih bersifat umum, karena usaha dan cara yang dilakukan untuk menurunkan berat sebanyak 5 kg tentu berbeda dengan menurutkan berat sebanyak 30 kg.

Tidak ada tujuan selanjutnya

Tujuan yang dibuat sebaiknya menuntun kepada tujuan selanjutnya yang lebih besar. Dengan begitu kita tahu posisi kita saat ini berada, yang mungkin masih jauh dari tujuan akhir yang ingin dicapai. Dengan begitu kita tidak akan mudah menyerah dengan hambatan ataupun masalah yang ditemui dalam mengejar tujuan tersebut.

Suka menunda

Sebaik apapun rencana yang dibuat tidak akan terwujud jika tidak mulai direalisasikan. Jangan pernah menyia – nyiakan kesempatan yang datang dengan menunda kesempatan tersebut. Karena jika tidak dilakukan sekarang mungkin kesempatan itu tidak akan datang kembali kepada kita.

Menyalahkan orang lain

Ketika kita gagal dalam menggapai sebuah target atau tujuan, gunakan kegagalan tersebut sebagai bahan untuk melakukan introspeksi tentang apa yang sudah dilakukan. Dalam hal ini fokus utama seharusnya adalah diri sendiri bukan malah melihat kesalahan orang lain. Lihat dan kenali kelemahan yang anda miliki dan perbaiki hal tersebut agar tidak menjadi penghambat lagi bagi anda.

Terlalu mendengarkan “omongan” orang lain

Omongan yang dimaksud disini mengarah kepada perkataan negatif yang digunakan oleh orang lain yang tidak senang dengan kesuksesan yang telah atau akan kita capai. Berusahalah untuk tidak terlalu memikirkan peembicaraan negatif tersebut, karena pada dasarnya yang paling tahu dan mengerti tentang diri kita adalah kita sendiri. Jika memang anda memerlukan seseorang untuk bertukar pikiran pastikan orang tersebut benar – benar mengerti anda dan tentunya dapat dipercaya.

Lingkungan pertemanan yang negatif

Teman atau siapapun yang berada di sekitar anda, sedikit banyaknya dapat mempengaruhi kesuksesan anda. Bayangkan jika anda berada dilingkungan pertemanan yang tidak pernah memikirkan masa depan, jika tidak memiliki kontrol diri yang baik mungkin kita akan terbawa ke irama yang sama dengan mereka dan lupa dengan tujuan yang harus dicapai. Sebaliknya jika anda berada dilingkungan yang positif tentu hal tersebut akan menjadi salah satu faktor pendukung dalam mengejar tujuan hidup anda.

Terlalu banyak bersantai

Bukan berarti tidak boleh bersantai sejenak untuk melakukan refreshing dari suasana dan pikiran yang sudah cukup stress, karena sebagai manusia biasa tentu kita memerlukan hal tersebut. Namun porsi refreshing seharusnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan porsi bekerja, bukan malah sebaliknya. Kita harus ingat untuk mencapai suatu tujuan diperlukan usaha dan kerja keras secara konsisten dan tentunya harus mengurangi membuang waktu untuk hal – hal yang tidak berguna atau bahkan bersifat negatif untuk diri kita.


Sama halnya dengan goal kita, dalam memilih Software HRIS Indonesia juga perlu tahu apakah tujuan menggunakan Software tersebut, apakah untuk memenuhi kebutuhan HR, Kehadiran , Payroll dan juga perhitungan PPh21 yang mudah bagi karyawan. Sigma HRIS adalah Software HRIS yang dapat membantu HR, Kehadiran dan PPh21 anda agar anda mudah mencapai goal-goal anda di bidang HR dan Payroll.

 

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories