Perubahan Jam Kerja Selama Bulan Puasa

26 Apr 2022 | Human Resources | Umum

Perubahan Jam Kerja Selama Puasa - Setiap bulan suci Ramadhan atau biasa dikenal sebagai bulan puasa, bagi yang beragama Muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan kegiatan tersebut tidaklah mudah dikarenakan banyak perubahan aktivitas yang terjadi selama bulan puasa diantaranya adanya tambahan aktivitas pada malam hari seperti sholat tarawih dan makan sahur. Dikarenakan perubahan aktivitas yang cukup signifikan pada bulan puasa, sehingga banyak perusahaan yang melakukan perubahan jam kerja selama puasa.

Shift Puasa Yang Umum Digunakan

Umumnya perusahaan yang menerapkan shift khusus puasa tidak merubah sistem gaji yang telah berjalan. Misalnya ada yang waktu istirahat yang awalnya 1 jam dari pukul 12.00 - 13.00 menjadi 30 menit yaitu 12.00 - 12.30 selama periode bulan Ramadhan. Ada pula yang masuk lebih awal dan pulang lebih awal seperti contohnya biasanya 08.00 - 17.00 menjadi 07.00 - 16.00. Adanya shift puasa ini tidak ada aturan yang rinci mengenai hal tersebut, maka dapat disesuaikan dengan kebijakan dan kesepakatan yang sudah disepakati antara perusahaan dan juga pekerja yang tertuang dalam Peraturan Perusahaan maupun Perjanjian Kerja serta tidak menyalahi peraturan yang berlaku.

Tujuan Shift Puasa

Adapun tujuan perusahaan mengadakan shift puasa, diantaranya kondisi pekerja saat bulan Ramadhan pasti berbeda dan tidak seperti biasanya karena harus menahan makan dan minum lebih dari 12 jam. Ditambah lagi kemungkinan keadaan jalan yang ramai dan macet menjelang waktu berbuka puasa. Serta diharapkan pekerja dan buruh dapat berbuka puasa dengan seluruh anggota keluarga. Sehingga banyak perusahaan yang mengatur khusus untuk shift puasa baik yang mengubah jam masuk dan jam pulang karyawan ataupun yang memberikan dispensasi pengurangan jam kerja.

Dengan adanya perubahan jam kerja ataupun shift puasa selama bulan Ramadhan, diharapkan produktivitas dan semangat kerja pekerja tetap terjaga. Untuk mempermudah bagian HR dalam mengolah shift puasa ataupun shift lainnya, maka sudah saatnya menggunakan Software Payroll ataupun Software HRIS. Software Payroll dapat digunakan untuk mengatur shift dan jam kerja serta penyesuaiannya dan menghitung secara otomatis komponen gaji yang tidak hanya berkaitan dengan shift karyawan tetapi juga sampai dengan take home pay serta perhitungan pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Ketentuan & Disclaimer

  • Website ini adalah karangan yang didasarkan pada pendapat atau pandangan penulis. Penyebutan nama, contoh atau referensi dalam Website ini adalah karangan penulis. Jika ada kesamaan nama, contoh, atau referensi, itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan.
  • Pembuat, penyedia maupun penyebar Website ini dibebaskan dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan, klaim, dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga, serta dibebaskan dari tanggung jawab atas semua kerugian serta resiko yang timbul sehubungan Website ini.
  • Website ini bukan merupakan dasar hukum dan tidak dapat dijadikan dasar atas suatu kasus tertentu.
  • Dengan mengakses website ini, pengakses sudah setuju atas Ketentuan & Disclaimer ini

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories