Manfaat Pelatihan Kerja Bagi Perusahaan

16 Jan 2020 | Human Resources | Organisasi

Manfaat Pelatihan Kerja Bagi Perusahaan -  Sumber daya manusia yaitu karyawan sangat penting dan berpengaruh pada keberlangsungan dan perkembangan suatu perusahaan. Untuk itu dibutuhkan karyawan yang berkinerja baik, memiliki skill dan kemampuan yang kompeten. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas manfaat pelatihan bagi karyawan, nah kali ini waktunya pembahasan mengenai manfaat pelatihan kerja bagi perusahaan.


  1. Dapat menemukan potensi karyawan
    Tidak hanya karyawan yang menemukan potensi dalam diri mereka sendiri, namun perusahaan juga dapat menemukan potensi terpendam karyawan yang nantinya akan menjadi bibit untuk memimpin dimasa yang akan datang.

  2. Dapat menghasilkan inovasi baru
    Pelatihan tidak hanya bermanfaat untuk karyawan tetapi juga untuk perusahaan. Dengan adanya pelatihan maka kinerja karyawan akan semakin meningkat untuk menghadapi pekerjaaan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Sehingga disaat yang nanti dibutuhkan maka karyawan dapat beradaptasi dengan cepat sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien yang menghasilkan inovasi baru bagi perusahaan.

  3. Meningkatkan loyalitas
    Pelatihan diharapkan dapat membentuk sikap dan tingkah laku karyawan menjadi lebih baik lagi dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kerjasama antar karyawan maupun tim serta loyalitas terhadap perusahaan.

  4. Mengurangi Kecelakaan kerja
    Biasanya dengan adanya pelatihan kerja maka akan mengurangi jumlah kecelakaan kerja, karena dengan bekal pengetahuan dan pelatihan yang cukup maka karyawan akan mengetahui cara menjalankan pekerjaannya dengan lebih baik.

  5. Lebih cepat mencapai target perusahaan
    Dengan adanya pelatihan maka akan mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh karyawan untuk mendapatkan keterampilan mengenai pekerjaannya. Maka dengan itu seiring dengan hasil yang didapat perusahaanpun akan lebih cepat dan target dapat lebih cepat dicapai.

  6. Dapat ikut berkompetisi
    Dengan banyaknya karyawan yang terlatih dan juga memiliki skill serta kemampuan yang mumpuni tentu saja perusahaan akan tetap dapat ikut bersaing dan tidak kalah dengan para kompetitor.


Manfaat pelatihan diatas akan terwujud apabila pelatihan diberikan secara tepat, sosialisasi yang baik dan adanya kerjasama antara karyawan dan juga pimpinan atau management. Biasanya pihak HRD akan melakukan analisa kebutuhan pelatihan terlebih dahulu sehingga dapat memenihi kebutuhan perusahaan agar semakin berkembang. Dan salah satu caranya dengan menggunakan software HR yaitu Sigma HRIS. Yuk tunggu apalagi..

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories