Apakah Efektif Penggunaan Medsos Untuk Rekrutmen Karyawan ?

15 May 2020 | Human Resources | Umum

Apakah Efektif Penggunaan Medsos Untuk Rekrutmen Karyawan ? - Beberapa tahun belakangan ini, media sosial berkembang sangat pesat apalagi ditunjang dengan semakin berkembangnya internet dikalangan seluruh lapisan masyarakat. Hal itu menjadikan kehadiran media sosial sebagai suatu kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan. Dan media sosial juga merupakan salah satu tools penting bagi tim rekrutmen di suatu perusahaan untuk membantu proses pencarian dan perekrutan karyawan selain penggunaan software HRIS tentunya.

Sebelum kita membahas keefektifan penggunaan media sosial untuk rekrutmen, kita perlu ketahui dahulu manfaat media sosial bagi perusahaan :

  1. Branding
    Perusahaan harus memiliki image yang baik dimata calon karyawan, hal ini dapat dilakukan dengan membuat akun atau channel khusus perusahaan Anda. Dengan image yang baik pasti tentu saja akan menarik minat para calon pelamar. Bagikanlah info atau gambaran tetang perusahaan yang dapat memvisualisasikan nilai, budaya serta keunikan dari perusahaan. Jangan lupa untuk membagikan juga kegiatan positif yang diselenggarakan di perusahaan seperti misalnya acara 17 Agustus, family gathering ataupun outing. Ajaklah karyawan untuk membagikan foto ataupun info dari kegiatan tersebut sehingga secara tidak langsung karyawan ikut serta dalam membangun image perusahaan nantinya serta memberi kesan hubungan yang erat antara perusahaan dan karyawan.
  2. Advertising
    Perusahaan dapat membagikan lowongan pekerjaan bagi calon karyawan di berbagai platform seperti Linkedin, WhatsApp, Twitter, Instagram ataupun portal rekrutmen milik perusahaan itu sendiri. Pastikan software HR Anda sudah dilengkapi dengan portal rekrutmen ya contohnya Sigma HRIS Recruitment. Oiya karyawan juga diharapkan dapat turut serta untuk membagikan vacancy tersebut, mungkin saja ada sanak saudara, keluarga ataupun teman yang cocok menjadi kandidat dan dengan referensi tentu saja lebih mempermudah.
  3. Screening
    Selain 2 hal yang disebutkan diatas, media sosial juga digunakan sebagai sarana untuk membantu proses screening data calon karyawan. tim rekrutmen akan melakukan penilaian terlebih dahulu dan nantinya dapat digunakan sebagai salah satu syarat pengambilan keputusan. Tapi pastikan tentukan dahulu parameter penilaian apa saja yang akan dinilai dari media sosial calon karyawan.

Contohnya : (table di excel Screening)


Selain media sosial, software HRIS merupakan pendukung utama proses perekrutan karyawan. Dengan Sigma HRIS yang memiliki aplikasi Sigma HRIS Recruitment maka Anda dapat meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses rekrutmen perusahaan Anda. 

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories