Manfaat Manpower Planning bagi Perusahaan

Manfaat Manpower Planning bagi Perusahaan - Manpower Planning (Perencanaan Sumber daya Manusia) adalah cara merencanakan mengatur sumber daya manusia di perusahaan seperti menempatkan karyawan yang tepat di posisi  dan waktu yang tepat, sesuai kebutuhan perusahaan dan melakukan hal-hal yang sesuai visi dan tujuan dari perusahaan maupun organisasi. Dengan adanya perencanaan maka sistem sumber daya manusia di perusahaan menjadi lebih terstruktur.

Berikut hal-hal yang menjadi tujuan manpower planning:

  1. Organisasi perlu ditempati karyawan yang tepat di waktu yang tepat. Jabatannya juga sama, harus dicari orang yang tepat untuk mendudukinya. Organisasi dan jabatan yang disediakan perusahaan akan digerakkan oleh para karyawannya. Maka untuk memajukan organisasi dan perusahaan perlu kontribusi dari karyawannya juga. Dengan karyawan yang tepat inilah visi dan misi perusahaan menjadi lebih mudah dicapai.
  2. Memelihara setiap kegiatan di Sumber Daya Manusia Perusahaan berjalan efektif dan efisien. Dengan SDM yang terencana diharapkan operasional SDM dan perusahaan berjalan lancar.
  3. Menghindari Jabatan yang Kosong dalam waktu yang lama. Jabatan dalam perusahaan direncanakan oleh SDM sebaik-baiknya agar dapat bertanggung jawab dan berelasi dengan jabatan ataupun organisasi lainnya. Jika ada 1 jabatan yang kosong terlalu lama ataupun selalu kosong maka menyulitkan jabatan ataupun organisasi lainnya
  4. Melakukan perkiraan jumlah tenaga kerja pada waktu yang tepat. Bulan-bulan di mana penjualan meningkat memerlukan jumlah tenaga yang lebih banyak dari sebelumnya. Dan sebaliknya saat penjualan menurun perusahaan hanya memerlukan jumlah tenaga kerja secukupnya (bagi yang menggunakan jasa karyawan tidak tetap). Hal-hal seperti ini menjadi pertimbangan HR dalam meramalkan kebutuhan tenaga kerja.
  5. Melakukan penelitian dan pengembangan kualitas organisasi berdasarkan visi , misi dan jumlah tenaga kerja yang ada secara optimal.

Lalu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi manpower planning tersebut? Tenaga kerja/karyawan itu sendiri, lingkungan eksternal dan setiap keputusan pemimpin organisasi menjadi hal-hal penting dalam menciptakan manpower planning yang baik. Seperti apa prosesnya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Mengetahui visi misi organisasi
  2. Perkirakan kebutuhan jumlah karyawan dalam dimensi waktu dan jumlah pekerjaan.
  3. Analisa dan pahami kondisi sumber daya manusia yang ada sekarang
  4. Gap jumlah dan kualitas sumber daya manusia sekarang dengan yang diharapkan
  5. Buat dan rencanakan manpower planning tersebut.

Untuk membuat manpower planning tersebut dibutuhkan keterampilan berikut:

  1. Mampu memperkirakan peningkatan/perubahan sumber daya manusia di masa yang akan datang serta teknologi yang mendukungnya.
  2. Mempunyai pengalaman yang luas atas organisasi, bidang pekerjaan dan Sumber Daya Manusia
  3. Membaca situasi sekarang dan melakukan keputusan untuk masa akan datang.
  4. Mampu menganalisa masalah dan membuat plan penyelesaiannya dibidang Sumber Daya Manusia
  5. Mengumpulkan data serta menganalisis informasi-informasi SDM di organisasi tersebut secara lengkap untuk bahan pengambilan keputusan.

Semoga informasi manpower planning ini membantu anda dalam merencanakan Sumber Daya Manusia di perusahaan anda. Membuat manpower planning akan lebih mudah ketika menggunakan Software HRIS Indonesia seperti Sigma HRIS Recruitment.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories