Manfaat Cuti Bagi Karyawan

19 Jul 2019 | Absensi | Cuti


Mendengar kata cuti, pasti sudah memunculkan aura kebahagiaan terutama untuk para pekerja. Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 79 Ayat 2c, bahwa perusahaan wajib memberikan cuti kepada karyawan dan karyawan berhak menerima cuti apabila sudah bekerja 12 bulan secara terus menerus. Metode perhitungan cuti pun bermacam-macam dan disesuaikan kembali dengan perjanjian kerja, peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama yang telah disepakati antara pekerja dan karyawan.

Tapi apakah Anda sudah tahu, apa saja sih manfaat cuti bagi karyawan? mari kita simak..

Banyaknya pekerjaan serta dikejar oleh deadline pekerjaan yang semakin dekat maka akan membuat pekerja terus bekerja bahkan saat di akhir pekan. Memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan memang baik dan dapat menjadikan salah satu kunci keberhasilan dalam karir. Namun riset membuktikan bahwa bekerja terlalu keras tanpa memperhatikan kondisi kesehatan serta mental bukanlah hal yang baik dan justru malah akan memberikan dampak negatif terhadap kinerja. Maka sebaiknya karyawan dapat mempergunakan hak cuti mereka secara efektif supaya dapat mencapai beberapa manfaat di bawah ini:

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Aktivitas dan tuntutan pekerjaan yang menumpuk dan wajib dijalani setiap hari akan membuat pekerja merasa lelah dan jenuh. Berlibur akan membantu pekerja mendapatkan energi baru saat esoknya kembali bekerja. Perasaan bahagia, pengalaman baru serta pikiran yang jernih juga akan membantu para pekerja mendapatkan semangat baru dalam bekerja.

2. Kesehatan fisik dan mental terjaga

Kondisi fisik yang lelah karena banyaknya pekerjaan serta deadline target yang harus dipenuhi dapat sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan juga mental pekerja. Pekerja terkadang bekerja terlalu keras dan tidak memperhatikan kondisi fisik dan emosional dikatakan lebih rentan mengalami stress dan akhirnya terkena masalah kesehatan atau sakit. Maka cuti bisa digunakan karyawan untuk berkunjung ke tempat-tempat menarik sehingga akan membuat hati dan pikiran karyawan menjadi lebih fresh dan nantinya dapat memulai pekerjaan dengan lebih semangat dan hati yang senang.

3. Meningkatkan soft skill

Tidak hanya kemampuan kognitif yang dibutuhkan dalam bekerja tapi juga kemampuan soft skill. Kemampuan soft skill dapat mendukung dan mempengaruhi kesuksesan dalam karir pekerja. Mempergunakan cuti untuk berlibur tidak hanya menghilangkan jenuh dan stress tapi dapat juga membuat pekerja bertemu dengan banyak orang baru dengan latar belakang dan juga budaya yang berbeda. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan pekerja dalam berkomunikasi.

4. Mendapat inspirasi baru

Di era industri 4.0 saat ini makin membuat persaingan di dunia kerja semakin kompetitif, sehingga menuntut karyawan untuk dapat selalu berinovasi dan menghasilkan ide-ide baru yang kreatif demi perkembangan perusahaan. Untuk itu dengan adanya cuti sehingga karyawan bisa merencanakan liburan ataupun piknik yang setelahnya akan menghasilkan banyak ide cemerlang dan inspirasi baru yang belum terpikirkan sebelumnya.

5. Meningkatkan kerja sama dan kemampuan organisasi/bisnis

Tanpa kita sadari, berlibur bersama keluarga ataupun teman dapat meningkatkan kemampuan kerja sama tim. Kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk menghasilkan pekerjaan yang efisien dan dengan komunikasi yang baik antar tim juga dapat membantu menyelesaikan target yang ingin dicapai.

Maka agar dapat menghitung cuti karyawan Anda secara otomatis sebaiknya pergunakanlah software hris yaitu Sigma HRIS. Tinggalkanlah perhitungan cuti manual yang memakan waktu. Yuk pakai Sigma HRIS sekarang..


Sumber: UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan


Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories