Cuti Tahunan Sudah Habis, Apakah Masih Boleh Cuti?

06 May 2019 | Absensi | Cuti

Cuti Tahunan Sudah Habis, Apakah Masih Boleh Cuti? - Menjelang hari raya yang semakin dekat, maka akan semakin banyak para pekerja atau buruh yang akan mengajukan cuti. Tujuannya adalah cuti akan digunakan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman yang sudah dijadwalkan setiap tahunnya.


Lalu bagaimana dengan pekerja atau buruh yang cuti tahunannya sudah habis?

Mari kita bahas bersama..

Sama seperti sistem gaji pada perusahaan, untuk metode perhitungan cuti tahunan bagi setiap perusahaan juga yang berbeda-beda. Di antaranya ada yang muncul setiap bulan Januari setiap tahunnya, ada yang muncul 1 hari per bulan atau ada juga yang muncul ketika mencapai tanggal ulang tahun masa kerja tahun berikutnya. Untuk hak cuti karyawan juga sudah jelas diatur dalam Undang Undang No 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan disebutkan bahwa karyawan berhak memperoleh sedikitnya 12 hari, dengan syarat bahwa karyawan tersebut sudah bekerja minimal 1 tahun atau 12 bulan lamanya (Pasal 79 Ayat 2). Kemudian untuk masa berlaku cuti tidak dijelaskan secara rinci pada UU tersebut, maka dengan kata lain, untuk masa berlaku cuti disesuaikan dengan kesepakatan antara karyawan dengan perusahaan yang tertuang di perjanjian kerja ataupun peraturan perusahaan.

Pada umumnya cuti tahunan biasanya digunakan oleh karyawan untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Ada juga yang menggunakan cuti untuk sekedar melepas jenuh dan lelah dari banyaknya beban pekerjaan. Bermacam-macam sifat karyawan maka berbeda pula penggunaan cutinya, banyak yang menggunakan cuti hanya untuk mudik ke kampung halaman dan ada pula yang menggunakan cutinya sedikit demi sedikit dan tidak terasa cuti pun habis. Setelah cuti telah habis, ternyata karyawan masih ada yang membutuhkan cuti, dan jangan khawatir, hal ini biasanya sudah disesuaikan dengan aturan dan kebijakan masing-masing perusahaan.

Untuk cuti yang telah habis beberapa perusahaan melakukan hal ini:

  • Menerapkan pemotongan gaji / cuti tidak dibayar
  • Menerapkan hutang cuti
  • Menerapkan sebagai ijin

Nah, hal-hal di atas disesuaikan kembali dengan peraturan perusahaan atau perjanjian kerja yang sudah disepakati bersama.


Manfaat cuti tahunan

Banyak yang menganggap remeh pentingnya cuti bagi karyawan, padahal ternyata banyak manfaatnya. Di antaranya dengan adanya cuti tahunan, maka dapat menghilangkan jenuh dan stres para pekerja atau buruh. Dengan penggunaan cuti yang efektif maka ketika karyawan sudah masuk kembali dan menjalankan aktivitas pekerjaannya maka nantinya akan memunculkan ide dan inspirasi baru bagi karyawan. Ide dan inspirasi baru tersebut diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu cuti juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental, dengan fisik dan mental yang baik tentu saja karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Karena banyaknya aktivitas dan tuntutan pekerjaan yang dijalani hampir setiap hari akan membuat karyawan merasa jenuh, dan cuti bisa digunakan untuk berlibur sehingga muncul perasaan bahagia, pengalaman baru serta pikiran yang jernih akan membantu karyawan mendapatkan semangat baru dalam bekerja.

Dengan banyaknya metode cuti tahunan dan banyaknya karyawan perusahaan Anda, maka dibutuhkan Software HRIS. Sebaiknya Anda menggunakan Sigma HRIS yang tidak hanya untuk pencatatan cuti karyawan tetapi juga dapat secara otomatis, cepat dan akurat untuk menghitung gaji serta pph21. Ayo pakai Sigma HRIS sekarang!

 

Sumber:

Undang Undang No 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories