Blog HR, Payroll, BPJS & PPh 21

Berita, Artikel, Tips & Trik seputar Software HRIS, Human Resources, Payroll, Pajak PPh 21, Absensi, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan


x

Di saat bulan Ramadan maka dianggap sebagai bulan yang penuh berkah. Tidak hanya adanya tradisi buka bersama yang akan dilakukan oleh perusahaan. Namun juga adanya THR atau biasa dikenal dengan Tunjangan Hari Raya. THR wajib diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan 1 kali dalam setahun. Lalu bagaimana dengan THR karyawan yang sedang cuti melahirkan ?

07 Aug 2019 - Payroll, THR

Semakin dekatnya hari lebaran, tentu hal yang dinanti-nanti para pekerja adalah saat pembagian THR (Tunjangan Hari Raya). Banyak sekali perbincangan yang bisa dibahas seputar THR ini. Salah satunya adalah komponen yang menjadi dasar perhitungan THR.

05 Jun 2019 - Payroll, THR

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu dan tidak terasa sebentar lagi akan semakin dekat dekat hari raya idul fitri atau yang biasa dikenal dengan hari raya lebaran. Biasanya, pada musim-musim lebaran seperti ini kebutuhan target produksi akan meningkat. Akan tetapi, perusahaan juga wajib memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) kepada pekerjanya yang berstatus sebagai tenaga kerja harian lepas.

29 May 2019 - Payroll, THR

Biasanya hari raya identik dengan THR (Tunjangan Hari Raya). Ada beberapa pertanyaan yang muncul di antara para pekerja mengenai pembayaran THR mereka. Untuk karyawan baru maka sering bertanya “apakah saya nantinya akan mendapatkan THR?”, “berapa besaran THR yang saya terima?”, “Mengapa THR yang saya terima tidak sebesar satu bulan upah?”

22 May 2019 - Payroll, THR

THR merupakan tambahan penghasilan rutin dan biasanya akan digunakan untuk mempersiapkan kebutuhan pada saat hari raya dan termasuk persiapan mudik ke kampung halaman. Sering kali karyawan merasa “sakit hati” setelah mengetahui besarnya nilai pajak yang harus ditanggung atas THR tersebut. Namun jangan berkecil hati, rasa “sakit hati” karyawan bisa sedikit terobati jika mengetahui penyebab besarnya nilai pajak THR.

21 May 2019 - Payroll, THR

Tujuan pemberian THR adalah sebagai salah satu bentuk apresiasi dari perusahaan kepada para pekerjanya. THR juga bertujuan sebagai persiapan untuk hari raya, tradisi mudik serta berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu pemerintah menerapkan juga batas akhir pembayaran THR yang sudah dihimbau pada Permenaker No 06 Tahun 2016 pasal 5 ayat 4.

20 May 2019 - Payroll, THR

Dengan adanya THR sebagai penghasilan tambahan, seringkali karyawan beranggapan THR dapat digunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif sehingga setelah hari raya berlalu mereka akan mengalami defisit pada neraca keuangan pribadinya. Untuk menghindari hal ini, karyawan harus membuat rencana pengalokasian uang THR dan menjalankan rencana tersebut sesaat setelah uang THR diterima.

18 May 2019 - Payroll, THR

Tidak terasa sudah memasuki bulan Ramadan, dan sebentar lagi umat muslim akan menyambut hari raya kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri atau biasa dikenal dengan hari raya Lebaran. Sudah menjadi melekat dalam ingatan kita, bahwa lebaran adalah saat untuk mudik ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Dan tidak hanya itu, hari raya juga identik dengan adanya THR (Tunjangan Hari Raya).

14 May 2019 - Payroll, THR

Semua pekerja atau buruh sangat bersuka cita ketika THR dibagikan dan masuk ke pundi-pundi rekening mereka. THR yang diberikan nantinya akan dimanfaatkan untuk mempersiapkan hari raya, persiapan mudik pulang ke kampung halaman dan juga untuk menunaikan zakat serta tak lupa sebagai tambahan dana untuk tabungan.

27 Apr 2019 - Payroll, THR

Memasuki Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Natal adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja dan juga buruh, tidak hanya momen berkumpul bersama keluarga tapi juga Tunjangan Hari Raya atau THR. Biasanya tim HRD & Payroll juga disibukkan dengan pekerjaan setahun sekali ini di tiap tahunnya. Tidak hanya pegawai tetap, tapi karyawan kontrak baik itu karyawan baru ataupun karyawan lama pasti menantikan THR.

24 Apr 2019 - Payroll, THR

THR Keagamaan merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh atau keluarganya menjelang Hari Raya Keagamaan atau dapat ditentukan lain, sesuai dengan kesepakatan pengusaha dan pekerja yang dituangkan dalam peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama (PKB). Pembayaran THR bagi pekerja/buruh ini wajib diberikan sekali dalam setahun oleh Perusahaan serta dibayarkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum Hari Raya

24 Apr 2019 - Payroll, THR

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Pasal 5 Ayat 4, THR wajib dibayarkan kepada pekerja atau buruh 7 hari sebelum hari raya. Dan THR diberikan kepada pekerja atau buruh yang telah memiliki masa kerja 1 bulan secara terus menerus atau lebih.

23 Apr 2019 - Payroll, THR

12

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Popular Post

Categories

Recent Post