Apakah Karyawan Resign Berhak Atas Sisa Cuti Yang Diuangkan

06 Feb 2020 | HRIS Software | Human Resources

Apakah Karyawan Resign Berhak Atas Sisa Cuti Yang Diuangkan ? - Masih ingat dengan artikel berbagai macam cuti sesuai undang-undang ? Muncul pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh karyawan. Apakah karyawan yang resign atau mengundurkan diri masih berhak atas penguangan sisa cutinya ? karena biasanya untuk karyawan yang mengundurkan diri di awal tahun atau tengah tahun umumnya masih memiliki sisa cuti bahkan ada pula yang cuti tahunannya belum dipakai sama sekali. Lalu bagaimana perlakuannya untuk hal ini ? masih berhak kah atas sisa cutinya ? atau diikhlaskan saja nih ? Jawabannya akan dibahas dalam artikel ini yaaa..

Umumnya setiap karyawan akan memperoleh hak cuti tahunannya sebanyak 12 hari ketika ybs sudah bekerja selama 12 bulan berturut-turut atau setahun lamanya. Kemudian karena satu dan lain hal, menyebabkan karyawan tersebut resign atau mengundurkan diri atas kemauan sendiri dan dengan posisi masih memiliki sisa cuti ataupun cuti tahunan yang masih full alias tidak pernah dipakai.

Berdasarkan hal tersebut maka sudah diakomodir oleh UU Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 156 Ayat 4, karyawan yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri maka berhak atas :

  • Cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur
  • Biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan kluarganya ketempat dimana pekerja/buruh diterima bekerja
  • Penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetap 15% dari uang pesangon atau uang penghargaan masa kerja bagi yang memenuhi syarat
  • Hal-hal lain yang ditetapkan dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama

Maka sudah jelaslah bahwa karyawan resign berhak atas penguangan sisa cuti yang masih ada dan belum gugur dan masih berlaku. Tapi pastikan kembali di perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama apakah kebijakan tertentu yang sebelumnya sudah disepakati antara karyawan dan perusahaan.

Dan bagaimana syarat agar karyawan resign dapat memperoleh uang pergantian hak selain sisa cutinya ?

Nah.. kita simak di artikel berikutnya ya.

Tapi sebelumnya untuk mempermudah bagian HR & Payroll Anda untuk kemudahan dan otomatisasi proses kalkulasi gaji serta administrasi karyawan sebaiknya gunakan software HR yaitu Sigma HRIS. Tinggalkanlah sistem konvensional yang memakan waktu dan say goodbye pada tumpukan kertas di meja kerja Anda ??

Sumber : UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan



Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories