Blog HR, Payroll, BPJS & PPh 21

Berita, Artikel, Tips & Trik seputar Software HRIS, Human Resources, Payroll, Pajak PPh 21, Absensi, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan


x

Setiap pekerja umumnya mendambakan upah atau gaji layak dan mengharapkan taraf hidup yang lebih baik. Menurut UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 1, upah atau gaji dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha kepada karyawan yang ditetapkan dan dibayarkan sesuai dengan perjanjian kerja, kesepakatan atau peraturan perundang-undangan.

02 Aug 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Pada era teknologi yang sangat berkembang saat ini, banyak sekali proses-proses yang masih dilakukan secara manual. Misalnya dengan menghitung take home pay karyawan. Sebelum kita membahas teknisnya, maka kita perlu tahu dahulu tentang Take Home Pay (THP). THP merupakan upah yang diterima atau dibawa pulang oleh pekerja yang berisi pendapatan rutin ataupun insidental yang merupakan hak karyawan yang telah disepakati sebelumnya berdasarkan perjanjian kerja,

24 Jul 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Dalam menentukan pilihan perusahaan untuk memulai pekerjaan saat baru selesai menempuh studi ataupun akan memutuskan untuk pindah kerja, tidak hanya lingkungan kerja, jenjang karir dan rincian pekerjaan merupakan beberapa faktor penunjang. Lalu apakah faktor utamanya ? biasanya faktor utama yang paling sering dijumpai adalah sisi gaji. Gaji adalah salah satu faktor penting yang paling sering digunakan karyawan sebagai alasan untuk mengundurkan diri

22 Jul 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Setiap bulannya para pekerja selalu menanti gaji bulanan mereka cepat masuk ke dalam pundi-pundi rekening mereka. Namun siapa sangka, ada saja hal yang membuat ciut hati ketika melihat nilai gaji yang masuk karena merasa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi tunggu dulu.. Apakah Anda sudah memeriksa potongan gaji yang Anda dapatkan setiap bulan?

20 Jun 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Akhir bulan merupakan hal yang paling ditunggu oleh banyak para pekerja di Indonesia. Alasannya apalagi kalau bukan “gajian”. Pada saat gajian para pekerja akan mendapatkan upah dengan besaran sesuai dengan take home pay nya. Lalu apakah upah sama dengan take home pay? karena banyak para pekerja yang bertanya-tanya, kenapa take home pay yang didapatkan tidak sesuai dengan upah 1 bulan. Yuk kita simak bersama.

19 Jun 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Dalam proses penggajian, pasti tidak asing dengan perhitungan gaji net dan gross. Metode net adalah metode di mana pajak akan ditunjang oleh perusahaan sedangkan metode gross adalah metode di mana pajak ditanggung oleh karyawan.

28 May 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Perkembangan struktur organisasi maupun sistem gaji pada perusahaan meningkatkan kebutuhan akan penggunaan software hris. Salah satu alasan menggunakan Sigma HRIS yang merupakan salah satu software hris yaitu untuk mempermudah penentuan skala gaji. Bagi perusahaan yang tidak memiliki banyak karyawan, mungkin tidak terlalu sulit untuk menentukannya secara case by case. Berbeda halnya dengan perusahaan dengan karyawan banyak.

24 May 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Lembur adalah pekerjaan yang dilakukan diluar jam kerja normal. Dimana sebagai kompensasi kepada karyawan yang telah melakukan lembur perusahaan harus membayar upah atas lembur tersebut. Untuk tata cara perhitungan upah lembur sendiri sudah di atur di Undang – Undang No 13 Tentang Kentenagakerjaan dan biasanya diperjelas pada Perjanjian Kerja Bersama atau Peraturan Perusahaan masing-masing.

18 Apr 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Umumnya setiap hari karyawan bekerja dari rumah ke kantor/pabrik membutuhkan waktu dan biaya transportasi baik melalui kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Sebagian perusahaan ada yang memberikan yang transport ada yang tidak. Bagi yang memberikan uang transpor ada yang tetap nilainya dan ada yang tidak tetap ( tergantung kondisi hadir dan sebagainya).

08 Apr 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

Dalam menentukan pengupahan bagi karyawan terdapat istilah tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Berdasarkan pasal 5 pp nomor 78 tahun 2015, upah dapat terdiri atas komponen: Upah tanpa tunjangan, Upah pokok dan tunjangan tetap dan Upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Jika menggunakan skema upah pokok dan tunjangan tetap, upah pokok paling sedikit 75% dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap (Pasal 5 ayat 2 pp nomor 78 tahun 2015)

03 Apr 2019 - Payroll, Perhitungan Gaji

1

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Popular Post

Categories

Recent Post