Work From Home, dipotong gaji atau tidak ?

18 Mar 2020 | Human Resources | Karyawan

Work From Home, dipotong gaji atau tidak ? - Beberapa perusahaan mulai menerapkan sistem Work from Home (WFH) sebagai bentuk solidaritas untuk mengurangi atau menghambat penyebaran penyakit dan tentunya juga sesuai dengan himbauan pemerintah untuk belajar dan bekerja dari rumah. Sebelum melakukan pengumuman ke karyawan tentu perusahaan harus menyiapkan ketentuan atau aturan main dari WFH tersebut. Walaupun harus disiapkan dengan cepat namun aturan yang ada tetap harus seimbang dan saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan.

Terkait WFH, hal yang paling banyak ditanyakan adalah:

Apakah saat WFH gaji karyawan dipotong?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, akan muncul pertanyaan lain terkait produktivitas karyawan. Apakah produktivitas karyawan bisa tetap baik jika bekerja dengan cara WFH? Jika disiapkan dengan matang dan dilakukan dengan serius maka produktivitas yang dicapai oleh karyawan tersebut tidak akan berbeda jauh walaupun bekerja dengan cara WFH.

Team dan atasan harus bisa berkomunikasi dengan baik agar pendistribusian pekerjaan bisa berjalan dengan baik pula. Media komunikasi yang digunakan harus bisa mengakomodir kebutuhan atasan untuk memberikan task ke team, mengontrol load setiap team, dan memastikan task tersebut sudah selesai dengan baik. Jika hal ini sudah bisa dilakukan oleh team maka produktivitas yang dicapai bisa mendekati atau sama dengan apa yang biasa dilakukan dari kantor dan hanya tempatnya saja yang berbeda. Dengan begitu nampaknya perusahaan tidak perlu ragu untuk membayar upah karyawan secara penuh.

Apapun aturan yang akan diterapkan tentunya harus disepakati terlebih dahulu antara karyawan dengan pemberi kerja. Selama kedua belah pihak sudah sepakat dan tidak menyalahi aturan – aturan yang ada maka aturan tersebut sah – sah saja untuk dijalankan. Karena bagaimanapun kedua belah pihak tersebut lah yang mengetahui kondisi perusahaan secara keseluruhan, baik dari sisi pekerjaan ataupun target perusahaan yang harus dikejar bersama.  Untuk mengelola shift dan kehadiran akibat  Work From Home (WFH) dapat menggunakan Software Payroll seperti Sigma HRIS. Yuk manfaatkan fitur kehadiran Sigma HRIS sekarang.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories