Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer? Perhatikan Hal Berikut

28 Apr 2020 | Human Resources | Umum

Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer? Perhatikan Hal Berikut -Kemajuan teknologi memang telah merubah cara kerja karyawan dibaningkan beberapa tahun lalu. Saat ini semakin banyak hal yang bisa dikerjakan melalui komputer. Sebagai contoh pada beberapa perusahaan untuk proses persetujuan suatu dokumen, karyawan tidak perlu beranjak dari depan komputer untuk meminta tanda tangan atasannya, karena proses approval bisa dilakukan melalui sebuah program komputer.

Contoh di atas adalah salah satu dari banyak hal yang sebenarnya membuat karyawan semakin minim menggerakkan tubuhnya yang berarti semakin lama durasi karyawan tersebut duduk didepan komputer. Dimana jika dilakukan dengan salah dan secara terus menerus akan menjadi salah satu penyebab karyawan mengalami masalah kesehatan seperti sakit di bagian pinggang, punggung, gangguan tulang belakang dan lain – lain. Resiko memang tidak dapat dihindari tetapi setidaknya kita bisa berusaha untuk mengurangi resiko yang ada tersebut.

Berikut hal – hal yang bisa dilakukan oleh karyawan untuk mengurangi resiko masalah kesehatan dikarenakan terlalu banyak duduk atau bekerja didepan komputer.

  • Posisi duduk dan jarak monitor
    Idealnya jarak mata ke monitor adalah sekitar 40 sampai dengan 75 cm. Dimana letak bagian atas monitor sejajar dengan arah pandang mata. Dengan begitu kira – kira derajat kemiringan untuk melihat monitor adalah sekitar 20 derajat. Jika posisi monitor terlalu tinggi ataupun rendah akan menyebabkan posisi leher yang kurang baik dan menyebabkan leher terasa tidak nyaman dan bisa saja menjadi pemicu gangguan kesehatan lainnya pada bagian leher.

  • Posisi tangan dan kaki
    Selain letak monitor, posisi tangan dan kaki juga harus diperhatikan. Usahakan posisi paha sejajar dengan lantai dan telapak kaki berinjak sempurna di atas lantai. Kurangi kebiasaan untuk mengangkat atau menyilangkan salah satu kaki ke kaki lainnya karena akan menyebabkan pembagian beban yang tidak merata ada tubuh anda. Kemudian untuk posisi tangan usahakan siku membentuk sudut sekitar 90 derajat sehingga tekanan dibahu, lengan, siku, dan pergelangan tangan bagian bawah dibagi secara merata.
  • Gunakan kursi yang benar
    Untuk meringankan kerja tulang belakang dalam menopang tubuh, sebaiknya kursi anda memiliki sandaran yang nyaman sehingga punggung bisa disandarkan dengan sempurna. Sebagai tambahan akan lebih baik jika kursi anda bisa diatur ketinggiannya sehingga bisa disesuaikan dengan tinggi tubuh masing – masing.
  • Break sejenak
    Meskipun sudah menggunakan kursi dan meja terbaik dengan posisi duduk yang benar karyawan tetap harus menyempatkan diri untuk break atau berdiri dan berjalan sejenak minimal setiap 60 menit untuk meregangkan otot agar tidak kaku. Break tersebut bisa digunakan untuk mengambil air minum, pergi ke toilet, atau menemui teman kerja anda untuk mendiskusikan suatu hal.

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan oleh karyawan untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan karena terlalu lama bekerja didepan komputer. Selain itu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat tentu karyawan harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, jam tidur yang cukup dan teratur, serta rutin berolahraga.  Jika anda seorang Human Resources tentu anda membutuhkan tools untuk bekerja agar lebih efisien dan mudah dalam mengelola pekerjaan anda. Software HR seperti Sigma HRIS mampu membantu pekerjaan HR anda dari data karyawan, kehadiran hingga payroll. Gunakan Sigma HRIS sekarang dan manfaatkan waktu luang anda sambil mencoba beberapa tips diatas.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories