Mudahnya Menghitung Budget Gaji Karyawan Baru

22 Apr 2022 | Human Resources | Umum

Mudahnya Menghitung Budget Karyawan Baru - Seringkali tim HR dan Payroll mengalami kesulitan dalam menghitung uang / budget yang disediakan untuk gaji serta take home pay karyawan baru. Take home pay karyawan adalah istilah untuk upah yang diterima karyawan, setelah dikurangi berbagai potongan seperti pajak penghasilan PPh21, iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan Karyawan dan lain-lain.

Untuk mengetahui hubungan budget yang disediakan perusahaan untuk membayar karyawan baru dengan take home pay karyawan maka perlu diketahui komponen apa saja yang mempengaruhi penghasilan karyawan.

Berikut contoh komponen-komponen yang mempengaruhi:

1. Gaji dan Tunjangan Tetap

Gaji adalah upah tetap yang diterima karyawan. Jika anda seorang karyawan bulanan, maka anda akan mendapatkan nilai gaji yang sama setiap bulannya. Begitu juga dengan tunjangan tetap, seperti tunjangan jabatan yang diterima tetap setiap bulannya, tunjangan keluarga ( misal istri atau anak) dan sejenisnya.

2. BPJS Ketenagakerjaan

3. BPJS Kesehatan

4. Pajak Penghasilan PPh21

5. Potongan Gaji dan lain-lain

Mengatur budget karyawan baru dapat menjadi pekerjaan yang melelahkan, karena harus menghitung nilai komponen-komponen gaji yang disebutkan diatas. Oleh karena itu dapat menggunakan tools Simulasi Gaji PPh21 disini . Dengan tools simulasi gaji dari Software Payroll maka menghitung budget dan take home pay karyawan menjadi lebih mudah. Selain menggunakan cara diatas, dapat juga menggunakan Software HRIS Indonesia seperti Sigma HRIS agar otomatis menghitung tunjangan dan potongan-potongan penghasilan karyawan.



Ketentuan & Disclaimer

  • Website ini adalah karangan yang didasarkan pada pendapat atau pandangan penulis. Penyebutan nama, contoh atau referensi dalam Website ini adalah karangan penulis. Jika ada kesamaan nama, contoh, atau referensi, itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan.
  • Pembuat, penyedia maupun penyebar Website ini dibebaskan dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan, klaim, dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga, serta dibebaskan dari tanggung jawab atas semua kerugian serta resiko yang timbul sehubungan Website ini.
  • Website ini bukan merupakan dasar hukum dan tidak dapat dijadikan dasar atas suatu kasus tertentu.
  • Dengan mengakses website ini, pengakses sudah setuju atas Ketentuan & Disclaimer ini

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories