Kenali Perusahaan yang Akan Dilamar

28 Sep 2020 | Human Resources | Umum

Kenali Perusahaan yang Akan Dilamar - Sebagaimana pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, oleh karena itu sebelum memutuskan untuk bekerja disebuah perusahaan ada baiknya kita berusaha untuk mengenali perusahaan tersebut terlebih dahulu. Selain berguna saat sesi interview nanti, dengan mencari tahu banyak hal tentang perusahaan yang akan dilamar kita akan mendapat gambaran tentang culture yang ada di perusahaan tersebut dan melihat seberapa cocok culture tersebut dengan diri kita.

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang akan dilamar:

1. Kunjungi website perusahaan

Dimulai dengan mengunjungi website perusahaan dimana biasanya kita dapat melihat nilai perusahaan seperti visi dan misi, produk atau jasa yang ditawarkan, hingga sejarah atau perjalanan perusahaan tersebut. Informasi ini biasanya kita jumpai pada halaman “About Us” pada website perusahaan. Selain mengetahui profil perusahaan secara umum, teknologi dan design yang diterapkan pada website perusahaan menjadi salah satu tolak ukur tersendiri bagi beberapa orang untuk melihat seberapa cepat perusahaan tersebut menerapkan teknologi yang ada.

2. Sosial media

Selain memiliki website, belakangan ini perusahaan mulai membuat profile pada social media seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn. Dari konten yang dibagikan di social media tersebut mungkin kita dapat melihat program atau kegiatan yang sedang dilakukan oleh perusahaan sehingga kita mendapat gambaran terkait dengan kondisi perusahaan tersebut saat ini. Selain itu kita juga dapat melihat sedikit gambaran tentang hubungan antara perusahaan dengan karyawan dengan melihat keterlibatan karyawan dalam meramaikan halaman social media perusahaan tersebut.

3. Kontak kenalan

Jika anda memiliki koneksi yang berhubungan dengan perusahaan yang akan dilamar, jangan sungkan – sungkan untuk menghubungi teman ataupun kerabat anda tersebut. Dengan informasi yang didapat dari pihak internal perusahaan kita akan mendapat pandangan dan informasi yang berbeda dibanding sumber informasi lainnya yang memang dibagikan ke publik. Selain itu tanyakan juga hal – hal lain yang dapat menggambarkan budaya perusahaan secara keseluruhan agar anda memiliki informasi untuk menentukan apakah budaya tersebut sesuai dengan karakter anda atau tidak.

4. Review pada portal pencarian kerja

Pada portal pencarian kerja biasanya kita dapat melihat review berdasarkan pengalaman dari user yang pernah berhubungan dengan perusahaan tersebut, baik itu mantan karyawan ataupun kandidat yang pernah diproses disana. Memang tidak bisa dijadikan acuan 100% namun review yang ada tersebut dapat dijadikan salah satu tambahan referensi.

5. Tanyakan pada Google

Ketik nama perusahaan pada mesin pencari Google maka akan muncul hal – hal yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Mulai dari kegiatan – kegiantan yang dilakukan perusahaan hingga berita terkait masalah yang pernah atau bahkan sedang dirposes oleh perusahaan. Pastikan informasi yang anda percayai berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan tidak ada salahnya untuk memastikan kembali kebenaran informasi tersebut sebelum kita menarik suatu kesimpulan.

Beberapa hal di atas dapat dilakukan untuk mengumpulkan data ataupun informasi terkait dengan perusahaan yang akan kita lamar agar kita memiliki gambaran tentang perusahaan tersebut. Adapun kesimpulan dari data dan informasi yang didapat sangat subjektif tergantung dengan perspektif dan cara masing – masing orang dalam menyimpulkan sesuatu. Selain itu setiap orang juga memiliki kriteria dan standar yang berbeda tentang seperti apa perusahaan yang cocok sebagai tempat kerja mereka.

Pastikan juga perusahaan anda sudah menggunakan layanan Software HR dan Software Payroll yang baik. Karena dengan adanya kemudahan yang diberikan Software HRIS, maka karyawan dapat berinteraksi dengan sistem HR untuk akses data, kehadiran, absensi dan slip gaji.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories