Kelola dan Kontrol Jadwal WFO dan WFH Karyawan dengan Mudah

25 Jan 2021 | Human Resources | Umum

Kelola dan Kontrol Jadwal WFO dan WFH Karyawan dengan Mudah - Kebutuhan perusahaan untuk mengatur jadwal Working from Office (WFO) dan Working from Home (WFH) harus diakomodir dengan sistem atau aplikasi yang baik agar proses bisnis di perusahaan berjalan dengan lancar. Dalam penerapannya perusahaan dan karyawan harus saling mendukung dan bekerja sama agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam mendukung penerapan sistem kerja WFH dan WFO:

  1. Pengaturan Jadwal Kerja
    Aplikasi Sigma HRIS dengan dukungan fitur Employee Self Service telah mempermudah karyawan maupun perusahaan dalam banyak hal. Mulai dari pengajuan cuti, lembur, medical claim, dan lain – lain. Semua bisa dilakukan oleh karyawan melalui aplikasi ini. Tidak hanya itu, karyawan ataupun atasan bisa mengatur jadwal masing – masing agar perusahaan dapat melihat rencana pembagian jadwal WFH dan WFO. Pengajuan jadwal bisa dilakukan oleh karyawan melalui aplikasi Sigma HRIS Employee Self Service. Dengan begitu HRD ataupun perusahaan tidak perlu untuk mengatur dan menginput jadwal semua karyawan, akan tetapi karyawan bisa mengatur sendiri jadwal mereka sesuai aturan yang berlaku di masing – masing perusahaan.
  2. Realisasi karyawan WFH
    Pertanyaan selanjutnya bagaimana cara perusahaan mengontrol karyawan yang sedang WFH? Apakah karyawan tersebut berada ditempat yang sesuai dengan lokasi dan waktu kerja mereka seharusnya? Jawabannya adalah Sigma HRIS Mobile, karena dengan aplikasi Sigma HRIS Mobile karyawan bisa mengirimkan waktu, lokasi, dan foto pada menu Employee Activity. Data tersebut kemudian dapat digunakan oleh atasan ataupun perusahaan sebagai data pendukung atas aktivitas kerja mereka di hari tersebut.
  3. Realisasi karyawan WFO
    Meskipun bekerja dari kantor tentunya karyawan harus tetap menerapkan aturan – aturan yang berlaku sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini, salah satunya dengan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. Fitur Mobile Attendance memungkinkan karyawan untuk melakukan absen pada area tertentu yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Dengan begitu pada saat jam masuk atau jam pulang karyawan tidak perlu berkumpul di satu titik untuk melakukan absen.
  4. Kontrol & Laporan
    Untuk mengontrol transaksi yang dibuat oleh karyawan, transaksi – transaksi tersebut harus melalui proses approval dari atasan atau HRD terlebih dahulu. Flow dan level approval mungkin berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya tapi perusahaan tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena aplikasi Sigma HRIS software hris  fleksibel untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Selain dengan proses approval, atasan ataupun HRD dapat mengakses data – data transaksi karyawan sesuai dengan hak akses masing – masing untuk keperluan pengecekan. Dengan kombinasi penerapan aturan dan aplikasi yang baik proses bisnis perusahaan akan tetap berjalan dengan baik meskipun karyawan bekerja secara WFO ataupun WFH.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories