Hal-hal yang Perlu Disiapkan untuk Mendukung WFH

08 May 2020 | Human Resources | Umum

Hal-hal yang Perlu Disiapkan untuk Mendukung WFH - Bayangkan apa yang bisa kita lakukan dari rumah pada 20 atau 30 tahun lalu dimana komputer dan jaringan internet merupakan hal yang langka saat itu. Namun dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan agar karyawan bisa tetap produktif meskipun harus bekerja dari rumah (WFH).

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh karyawan agar sistem WFH (Work From Home) bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

  1. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan bagian Information & Technology (IT)
    Perusahaan memiliki prosedur IT yang berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya. Dan untuk anda yang ingin bekerja dari rumah sebaiknya berkomunikasi dengan bagian IT terlebih dahulu. Infokan kepada mereka aplikasi atau data apa saja yang perlu diakses untuk menjalankan WFH. Karena biasanya diperlukan pengaturan khusus untuk bisa mengakses data atau aplikasi internal perusahaan dari jaringan luar (public network).
  2. Mengenal tools remote
    Jika berbicara tentang remote pasti berkaitan dengan kendali jarak jauh. Khusus di dunia IT, remote identik dengan mengendalikan suatu komputer dari komputer lainnya. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan remote ke komputer lain seperti Remote Desktop Connection, TeamViewer, UltraViewer, AnyDek dan lain – lain. Dengan bantuan aplikasi – aplikasi tersebut maka anda bisa mengontrol komputer yang berada di kantor menggunakan komputer pribadi yang ada dirumah.
  3. Apa itu VPN ?
    Berbagai guyonan yang di buat oleh netizen terkait VPN nampaknya telah menggeser arti positif VPN ke arah yang cenderung “negatif”. Padahal Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi canggih yang sangat membantu jika digunakan dengan baik dan benar. Salah satu fungsi yang paling terasa dalam kondisi WFH seperti saat ini adalah dimana karyawan bisa mengakses aplikasi internal yang tidak dibuka ke internet melalui jaringan umum atau jaringan internet rumah karyawan tersebut. Dengan terhubung ke VPN kantor maka komputer kita dianggap seakan – akan berada di jaringan yang sama dengan jaringan internal kantor. Tidak hanya begitu, dengan terhubung melalui VPN tingkat keamanan data juga lebih baik, karena lalu lintas data tidak mudah untuk disusupi begitu saja.
  4. Menjaga komunikasi yang baik dengan team
    Sepakati bersama media komunikasi yang akan digunakan dengan team saat melakukan WFH. Jika diperlukan buat group di media social, dan berikan respon yang baik jika ada atasan ataupun rekan yang bertanya dengan anda di group tersebut. Jangan takut untuk memperjelas informasi yang rancu agar tidak terjadi miss komunikasi antar anggota team.
  5. Beri penjelasan kepada keluarga
    Untuk seorang ayah yang akan melakukan WFH, pastikan istri dan anak – anak mengetahui “status” anda bukan sedang libur ataupun cuti. Tapi anda dalam kondisi bekerja namun dilakukan dari rumah karena alasan tertentu. Dengan begitu mereka akan lebih mengerti dan tentu akan memudahkan anda untuk lebih fokus dalam bekerja.
  6. Tetap terkoneksi melalui aplikasi Employee Self Service
    Untuk perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi seperti Sigma HRIS Employee Self Service, HRD tetap bisa menjaga komunikasi yang baik dengan karyawan. Dengan teknologi yang ada pada Sigma HRIS, perusahaan ataupun HRD memiliki beberapa pilihan untuk mengontrol karyawan yang bekerja dengan sistem WFH.

Tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang Software HRIS Sigma HRIS ?

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories