Format Slip Gaji Online Yang Umum Digunakan

01 Apr 2022 | Payroll | Perhitungan Gaji

Format Slip Gaji Online Yang Umum Digunakan - Tentu tidak asing ditelinga kita mendengar kata-kata slip gaji, familiar karena dibagikan setiap bulannya oleh pihak HRD / Payroll. Slip gaji memiliki tujuan sebagai bukti tertulis jika suatu saat karyawan merasa gajinya belum dibayarkan ataupun kekurangan salah satu komponen gajinya. Dan slip gaji kerap kali menjadi bukti kuat bahwa hak karyawan sudah dipenuhi oleh perusahaan. Kemudian di dorong dengan meningkatnya pertumbuhan teknologi yang pesat mengakibatkan kebutuhan lebih untuk efisiensi dalam pekerjaan, tidak terkecuali dengan adanya kehadiran slip gaji online di Software HRIS. Slip gaji konvensional perlahan sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke slip gaji online karena dinilai jauh lebih efisien.

Lalu bagaimana sih sebenarnya format slip gaji online yang umum digunakan banyak perusahaan ? Mari kita simak.

Format slip gaji online masing-masing perusahaan tentulah berbeda antara perusahaan satu dan perusahaan lainnya, tergantung kebijakan dan komponen gaji yang dimiliki. Namun umumnya memiliki beberapa bagian berikut ini :

Nama Perusahaan

Nama perusahaan merupakan bagian yang pasti selalu ada pada setiap slip gaji, karena sebagai informasi nama perusahaan yang membuat dan mengeluarkan slip gaji.

Periode Pembayaran

Periode pembayaran penting untuk ada di slip gaji agar karyawan dan perusahaan dapat memastikan nominal pendapatan yang diterima sudah sesuai dengan periode pembayarannya.

Data Karyawan

Data karyawan tidak kalah pentingnya, umumnya biasanya terdiri NIK (Nomor Induk Karyawan), nama lengkap karyawan, NPWP, dan juga nama jabatan karyawan

Info Pendapatan Karyawan

Nominal gaji pokok , nama serta nominal tunjangan dan potongan biasanya juga ada pada slip gaji. Nominal pemotongan BPJS dan pajak juga umumnya dapat dicek melalui slip gaji.

Detail Kehadiran

Beberapa perusahaan juga ada yang melampirkan info detail kehadiran karyawan di dalam slip gaji online mereka. Dengan tujuan agar karyawan mengetahui informasi absensi, keterlambatan , ijin maupun sisa cuti tanpa perlu harus bertanya kepada HRD.

Perhitungan Pajak

Ada pula slip gaji online yang melampirkan detail perhitungan pajak dengan tujuan agar lebih transparan dan lebih jelas sehingga karyawan tau dari mana perhitungan potongan pajak mereka.

Info Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Banyak juga perusahaan yang menginfokan bahwa slip gaji online yang diterima oleh karyawan merupakan dokumen rahasia. Sehingga hanya karyawan yang berhak sajalah yang boleh mengetahui slip gaji tersebut.

Info-info diatas kadang tidak selalu dapat ditemui pada slip gaji konvensional, karena slip gaji konvensional yang masih memiliki keterbatasan. Untuk itu Anda dapat mulai beralih dengan menggunakan slip gaji online yang dimiliki oleh Sigma HRIS. Salah satu software Payroll ini memiliki fitur slip gaji online dengan langsung mengirimkan ke alamat email masing-masing karyawan ataupun karyawan mengecek di Employee Self Service dan aplikasi Sigma HRIS Mobile, jauh lebih efisien bukan ? Ayo hubungi kami sekarang ya.


Ketentuan & Disclaimer

  • Website ini adalah karangan yang didasarkan pada pendapat atau pandangan penulis. Penyebutan nama, contoh atau referensi dalam Website ini adalah karangan penulis. Jika ada kesamaan nama, contoh, atau referensi, itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan.
  • Pembuat, penyedia maupun penyebar Website ini dibebaskan dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan, klaim, dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga, serta dibebaskan dari tanggung jawab atas semua kerugian serta resiko yang timbul sehubungan Website ini.
  • Website ini bukan merupakan dasar hukum dan tidak dapat dijadikan dasar atas suatu kasus tertentu.
  • Dengan mengakses website ini, pengakses sudah setuju atas Ketentuan & Disclaimer ini

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories