THR Untuk Karyawan Yang Cuti Melahirkan

11 Jun 2019 | Payroll | THR

Di saat bulan Ramadan maka dianggap sebagai bulan yang penuh berkah. Tidak hanya adanya tradisi buka bersama yang akan dilakukan oleh perusahaan. Namun juga adanya THR atau biasa dikenal dengan Tunjangan Hari Raya. THR wajib diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan 1 kali dalam setahun.

Lalu bagaimana dengan THR karyawan yang sedang cuti melahirkan ?

Sebelum kita membahas THR untuk karyawan yang cuti melahirkan, pastikan Anda sudah mengetahui peraturan cuti melahirkan menurut Undang-Undang. Dengan adanya cuti melahirkan ini maka tidak menghilangkan ataupun memutus hubungan kerja termasuk tidak mengurasi masa kerja. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa ada beberapa poin penting dalam Permenaker No 06 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan yang wajib kita ketahui. Salah satunya adalah perhitungan THR adalah berdasarkan masa kerja. Jika karyawati tersebut sudah memiliki masa kerja 1 bulan atau lebih maka berhak atas THR. Contoh perhitungannya sebagai berikut :

Mawar merupakan karyawati yang sudah bekerja selama 4 tahun di PT. XYZ dan memiliki Gaji Pokok sebesar Rp 5.250.000 & Tunjangan Jabatan  Rp 500.000. Sedangkan Melati baru bekerja selama 2 bulan dengan Gaji Pokok Rp 3.500.000 & Tunjangan Jabatan Rp 200.000

Kemudian tidak hanya itu pemerintah juga sudah mengatur untuk karyawan yang resign dan bisa dicek disini.

Perusahaan pun diharapkan dapat membayarkan THR kepada karyawan 7 hari sebelum hari raya karena itu adalah batas akhir pembayaran THR. Jika perusahaan terlambat melakukan pembayaran THR maka akan dikenakan sanksi sebesar 5% dari total THR yang dibayarkan. Dan dibutuhkan software hris yaitu Sigma HRIS untuk membantu Anda menghitung secara otomatis THR karyawan. Serta tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan kalkulasi perhitungan THR.

 

Sumber : Permenaker No 06 Tahun 2016 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan

 

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories