Tahukah Anda Manfaat Pemberian Bonus Kepada Karyawan?

25 Jun 2019 | Human Resources | Karyawan

Tahukah Anda Manfaat Pemberian Bonus Kepada Karyawan? - Semua pekerja tentu berharap akan mendapatkan penghasilan yang layak. Apakah itu penghasilan yang layak? Penghasilan yang layak adalah jumlah penerimaan atau pendapatan pekerja dari hasil pekerjaannya sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya secara wajar. Maka selain upah, banyak perusahaan yang memberikan bonus kepada para pekerjanya. Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan, penghasilan yang layak dapat diberikan dalam bentuk upah dan pendapatan non upah.

Disebutkan dalam Pasal 8 yang berbunyi:

  1. Bonus dapat diberikan oleh Pengusaha kepada pekerja / buruh atas keuntungan perusahaan.
  2. Penetapan perolehan bonus untuk masing-masing pekerja sebagaimana yang sudah diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan ataupun Perjanjian Kerja Bersama.

Bonus yang diberikan oleh perusahaan tidak hanya memberikan manfaat kepada para pekerja tapi juga memiliki manfaat untuk perusahaan. Manfaatnya bagi pekerja dan perusahaan antara lain:

  1. Sebagai bentuk penghargaan dari perusahaan kepada pekerja
  2. Meningkatkan prestasi kerja karyawan
  3. Meningkatkan motivasi pekerja untuk mencapai target
  4. Meningkatkan loyalitas pekerja terhadap perusahaan
  5. Meningkatkan kesejahteraan pekerja

Maka berdasarkan pasal di atas, bonus akan diberikan menyesuaikan dengan kemampuan dan keuntungan perusahaan dan sebagai insentif bagi para pekerja agar termotivasi untuk mencari keuntungan bagi keberhasilan ekonomi perusahaan. Sebagaimana yang tertuang dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan ataupun Perjanjian Kerja Bersama, biasanya bonus akan menyesuaikan dengan hasil kerja dan prestasi yang dicapai pekerja itu sendiri. Maka dari itu biasanya jumlah bonus yang berikan antar pekerja berbeda-beda besarannya. Untuk itu dibutuhkan software HRIS yaitu Sigma HRIS agar dapat membantu melakukan kalkulasi perhitungan bonus untuk masing-masing pekerja.

Sumber:

Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories