Perubahan Jam Kerja Selama Puasa

25 Apr 2019 | Human Resources | Umum

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan atau biasa dikenal dengan bulan puasa. Memang tidak bisa dipungkiri menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh tidaklah mudah dikarenakan banyak perubahan aktivitas yang terjadi selama bulan puasa diantaranya adanya tambahan aktivitas pada malam hari seperti sholat tarawih dan makan sahur. Dikarenakan perubahan aktivitas yang cukup signifikan pada bulan puasa, banyak perusahaan yang melakukan perubahan jam kerja selama puasa.

 

Adanya Shift Puasa

Mengenai perubahan jam kerja selama puasa, tidak ada Undang-Undang yang mengatakan secara tegas adanya perbedaan jam kerja pada bulan Ramadhan antara hari keagamaan lainnya ataupun dengan hari - hari kerja biasa pada umumnya. Namun perusahaan diwajibkan memberi kesempatan kepada pekerja atau buruh untuk menjalankan ibadah yang diwajibkan oleh agama, seperti yang sudah diatur oleh UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 80. Perusahaan dihimbau untuk menyediakan tempat untuk pekerja atau buruh untuk beribadah secara baik dan disesuaikan dengan kondisi, kebijakan serta kemampuan perusahaan tersebut.

Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan shift khusus puasa tanpa mengganggu sistem gaji yang telah berjalan. Misalnya ada yang waktu istirahat yang awalnya 1 jam dari jam 12.00 - 13.00 menjadi 30 menit yaitu 12.00 - 12.30 selama periode bulan Ramadhan. Ada pula yang masuk lebih awal dan pulang lebih awal seperti contohnya biasanya 08.00 - 17.00 menjadi 07.00 - 16.00. Untuk adanya shift puasa ini tidak ada aturan yang rinci mengenai hal tersebut, maka disesuaikan dengan kebijakan dan kesepakatan yang sudah disepakati antara perusahaan dan juga pekerja yang tertuang dalam Peraturan Perusahaan maupun Perjanjian Kerja. Maka bisa menggunakan Software HR untuk mempermudah pengaturan shift termasuk shift puasa.

 

Tujuan Shift Puasa

Adapun tujuan perusahaan mengadakan shift puasa, diantaranya kondisi pekerja saat bulan Ramadhan pasti berbeda dan tidak seperti biasanya karena harus menahan makan dan minum lebih dari 12 jam. Ditambah lagi dengan keadaan jalan yang semakin ramai dan macet menjelang waktu berbuka puasa. Serta diharapkan pekerja dan buruh dapat berbuka puasa dengan seluruh anggota keluarga. Sehingga banyak perusahaan yang mengatur khusus untuk shift puasa baik yang mengubah jam masuk dan jam pulang karyawan ataupun yang memberikan dispensasi pengurangan jam kerja. Dan adanya penyesuaian jam kerja di saat bulan puasa ini juga ditujukan sebagai bagian dari toleransi beragama.


Dengan adanya perubahan jam kerja ataupun shift puasa selama bulan Ramadhan, diharapkan produktivitas dan semangat kerja pekerja atau buruh tetap terjaga. Jangan jadikan ibadah puasa sebagai alasan untuk tidak memberikan performa terbaik dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dan untuk mempermudah bagian HR dalam mengolah shift puasa ataupun shift lainnya, maka sudah saatnya menggunakan software hris indonesia yaitu Sigma HRIS. Yang akan menghitung secara otomatis komponen gaji yang tidak hanya berkaitan dengan shift karyawan tetapi juga sampai dengan take home pay serta perhitungan pajak.

 

Sumber :

UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories