Pelunasan Hutang Dengan THR

18 Apr 2019 | Payroll | THR

Pelunasan Hutang Dengan THR - Menyambut Hari Raya Keagamaan, biasanya identik dengan berkumpul bersama keluarga besar. Apakah hanya itu saja? Oh, tentu saja tidak.. Apalagi kalau bukan THR (Tunjangan Hari Raya). THR merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja atau buruh menjelang hari raya keagamaan. THR diberikan satu kali dalam satu tahun dan karyawan yang masa kerjanya lebih dari 1 bulan serta bisa disimak lebih lanjut disini.

Berdasarkan Permenaker No. 06 Tahun 2016 Pasal 5 ayat 3, THR dibayarkan sesuai dengan hari raya keagamaan masing-masing pekerja atau buruh, namun bisa juga disesuaikan dengan kesepakatan antara pengusaha selaku pemberi kerja dan juga pekerja atau buruh. Kemudian pada Pasal 3 Ayat 2 dijelaskan bahwa dasar perhitungan THR adalah upah, yaitu upah tanpa tunjangan yang merupakan upah bersih atau upah pokok termasuk tunjangan tetap. Dan dibayarkan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan.


Lalu bagaimana apabila THR di potong cicilan hutang cicilan pada perusahaan?

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 1981 Pasal 24 Ayat 1, bahwa hal tersebut boleh saja dilakukan. Biasanya untuk hal ini juga dapat disesuaikan dengan kebijakan atau kesepakatan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan ataupun Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Namun perlu diperhatikan bahwa harus ada tanda bukti tertulis serta tidak boleh melebihi 50 % dari setiap pembayaran upah yang diterima.

Untuk memudahkan bagian payroll untuk melakukan perhitungan THR baik full, prorata, maupun dipotong dengan cicilan hutang maka pergunakanlah software payroll. Sigma HRIS Dapat menghitung dengan cepat, tepat, akurat, otomatis serta dilengkapi dengan detil perhitungan pajaknya. Yuk, tunggu apa lagi..

 

Sumber :

  • Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan
  • Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 1981 Tentang Perlindungan Upah

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories