Masa Berlaku Cuti Tahunan Menurut Peraturan

09 May 2019 | Absensi | Cuti

Cuti merupakan topik yang selalu menjadi bahan topik pembicaraan yang lumrah antar pekerja, entah itu lingkungan perusahaan yang sama atau tidak. Banyaknya jenis cuti seperti cuti tahunan, cuti besar ataupun cuti khusus seperti cuti melahirkan yang membuat topik ini menjadi bahan pembicaraan yang tidak ada habis-habisnya.

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, mengenai cuti tahunan, ada banyak metode yang bisa dipilih sebagai metode perhitungan cuti.

Lalu bagaimana dengan masa berlaku cuti tahunan?

Berdasarkan UU No 13 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 79 Ayat 2 disebutkan bahwa karyawan berhak untuk memperoleh sedikitnya 12 hari, dengan persyaratan bahwa pekerja sudah bekerja selama minimal 1 tahun atau 12 bulan berturut-turut di perusahaan tersebut. Akan tetapi pada peraturan tersebut tidak disebutkan dengan rinci sampai kapan cuti tahunan itu berlaku.

Dengan demikian maka hak cuti tahunan ini sifatnya wajib diberikan oleh pihak pengusaha dan pelaksanaan serta masa berlakunya dapat diatur sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan melalui perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama yang telah disepakati bersama dengan para pekerja.

Umumnya banyak perusahaan yang memberlakukan cuti tahunan selama 1 tahun hingga 1.5 tahun, ada pula yang membawa sisa cuti tahun sebelumnya ke periode tahun berikutnya dengan jumlah maksimal tertentu. Pemerintah tidak melarang hal ini, namun dengan catatan jika perusahaan dapat memberikan yang lebih baik. Adapun pemerintah mengatur sanksi pada UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 187, jika perusahaan tidak memberikan cuti tahunan kepada pekerja sesuai peraturan maka akan dikenakan sanksi pidana kurungan paling 1 bulan dan paling lama 12 bulan dan atau denda paling sedikit Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dan paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Dengan bermacam-macam jenis cuti serta masa kerja yang bervariasi, sebaiknya perusahaan menggunakan software hr indonesia. Software hr indonesia yaitu Sigma HRIS akan melakukan pengolahan dan pengecekkan berbagai jenis cuti yang ada di perusahaan Anda. Sudahkah Anda menggunakan software hr saat ini?

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories