Inilah Komponen Pemotong Gaji Bulanan Anda

10 Oct 2019 | Payroll | Perhitungan Gaji

Inilah Komponen Pemotong Gaji Bulanan Anda! - Setiap bulannya para pekerja selalu menanti gaji bulanan mereka cepat masuk ke dalam pundi-pundi rekening mereka. Namun siapa sangka, ada saja hal yang membuat ciut hati ketika melihat nilai gaji yang masuk karena merasa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi tunggu dulu.. Apakah Anda sudah memeriksa potongan gaji yang Anda dapatkan setiap bulan? Mungkin sebaiknya Anda perlu memperhatikan slip gaji online sehingga Anda mendapatkan rincian komponen gaji apa saja yang didapatkan, termasuk dengan komponen pemotongan gaji.


Tapi tahukah Anda ternyata ada beberapa komponen pemotongan gaji?

  1. BPJS Ketenagakerjaan (Jaminan Hari Tua & Jaminan Pensiun)
    Menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, jaminan sosial merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu dari badan penyelenggara dari sistem jaminan sosial yang dijalankan oleh pemerintah Republik Indonesia. Di antara program BPJS Ketenagakerjaan, ada program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) yang mana dibutuhkan pembayaran iuran premi dari karyawan sebesar 2% untuk JHT dan 1% untuk JP. Ketika sudah mencapai usia pensiun maka dana JHT dan JP bisa dicairkan dengan mengikuti ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan. Pemotongan BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya berlaku untuk karyawan lama saja tetap berlaku juga untuk karyawan baru. Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilihat di sini dan Jaminan pensiun bisa dilihat di sini.

  2. BPJS Kesehatan
    BPJS Kesehatan juga disebutkan dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 dan juga sebagai salah satu badan penyelenggara sistem jaminan sosial dalam bidang jaminan kesehatan. Perusahaan disarankan mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk karyawannya apabila tidak mengadakan asuransi kesehatan untuk karyawan. Dengan adanya program ini perusahaan akan menanggung 4% dari besaran iuran BPJS Kesehatan karyawan dan karyawan akan menanggung sebesar 1% pada pemotongan gaji bulanan mereka. Untuk perhitungan BPJS Kesehatan bisa dilihat di sini.

  3. Pajak Penghasilan (PPh21)
    Perhitungan gaji karyawan terbagi menjadi 2 ada yang memakai metode perhitungan net ada pula yang gross. Apabila perusahaan Anda menerapkan perhitungan gaji gross maka akan mendapati adanya pemotongan gaji bulanan atas PPh21. Untuk perhitungan PPh21 yang akurat, cepat dan jelas maka diperlukan Sigma HRIS untuk membantu bagian payroll melakukan kalkulasi pajak.

  4. Pinjaman
    Beberapa perusahaan memberikan pinjaman dengan bunga rendah ataupun nol persen bagi karyawannya. Tujuannya yaitu untuk membantu karyawan dengan adanya kebutuhan mendadak dan sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada karyawan. Apabila Anda memiliki pinjaman kepada perusahaan, maka sudah pasti setiap bulannya akan ada pemotongan gaji sampai pinjaman tersebut lunas. Namun ada pula yang menerapkan pelunasan pinjaman dengan THR, tergantung bagaimana kesepakatan antara perusahaan dan pekerja.

  5. Potongan Kehadiran
    Potongan kehadiran berlaku di beberapa perusahaan dan disesuaikan dengan ketidakhadiran / absennya karyawan. Jadi apabila Anda tidak masuk kantor tanpa alasan jelas, maka bersiaplah akan mendapatkan pemotongan ini pada gaji bulanan Anda.

Sumber:

Undang Undang No 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional


Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories