Cuti Bersama Untuk Karyawan yang belum Mempunyai Hak Cuti

17 May 2019 | Absensi | Cuti

Cuti Bersama adalah waktu cuti yang ditetapkan oleh pemerintah yang ditentukan berdasarkan Keputusan Menteri. Cuti Bersama biasanya dijadwalkan untuk menambah waktu libur lebaran dan libur natal dan tahun baru. Pertanyaan klasik yang sering muncul dari sisi karyawan adalah “Apakah cuti bersama mengurangi jatah cuti tahunan?” Jawabannya iya, karena sampai saat ini kami belum pernah mendengar ada perusahaan yang menerapkan ketentuan di mana cuti bersama tidak mengurangi cuti tahunan, bahkan di beberapa perusahaan cuti yang muncul di awal tahun langsung dikurangi cuti bersama ditahun tersebut.

Pada tanggal cuti Bersama semua karyawan diharuskan untuk mengambil cuti tanpa melihat apakah karyawan tersebut sudah memiliki jatah cuti atau belum. Untuk yang sudah memiliki jatah cuti tahunan tidak ada masalah, tinggal dikurangi saja dari jatah cuti tahunan yang ada, tapi bagaimana untuk karyawan yang belum memiliki hak cuti ? Berdasarkan pengalaman kami di lapangan tentang pengelolaan data cuti berikut kebijakan yang biasa diterapkan di perusahaan.

Cuti Minus

Kebijakan yang paling banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan adalah system cuti minus. Di mana saat terjadinya cuti bersama dan karyawan tidak memiliki hak cuti maka cutinya akan diperhitungkan sebagai minus yang akan dihitung sebagai pengurang saat hak cuti karyawan tersebut sudah muncul.

Simulasi untuk cuti minus dapat dilihat pada gambar di bawah.

Gambar di atas menggambarkan timeline cuti karyawan baru yang masuk di 1 Februari 2019. Ketentuan cuti yang berlaku di perusahaan tersebut adalah cuti muncul setiap 1 Januari sebanyak 12 hari, di mana untuk karyawan yang masa kerjanya belum 1 tahun akan diproporsionalkan sesuai jumlah bulan dibagi 12. Pada bulan Juni 2019 terdapat cuti bersama sebanyak 5 hari dan di saat itu karyawan tersebut belum mempunya hak cuti sehingga cutinya akan dihitung minus untuk mengurangi jatah cuti ditahun depan. Dengan begitu cuti yang keluar di Januari 2020 akan lebih sedikit karena dikurangi dengan minus ditahun sebelumnya.

Untuk kebijakan cuti minus ini karyawan cenderung lebih senang saat terjadi cuti bersama karena tidak merasakan pemotongan. Namun saat Januari 2020 karyawan tersebut baru sadar setelah melihat jumlah cuti yang muncul dirasa sedikit karena harus dikurangi dengan minus di tahun sebelumnya.

Cuti Tidak Dibayar

Selain menggunakan cuti minus hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan ketentuan Cuti Tidak Dibayar (Unpaid Leave). Di mana jika di saat tanggal cuti bersama karyawan belum memiliki hak cuti karyawan tersebut akan dianggap sebagai cuti tidak dibayar. Dari sisi data cara ini lebih mudah untuk dikelola karena di awal tahun HRD tidak perlu mengkalkulasi minus dari tahun sebelumnya, namun tentu butuh komunikasi dan sosialisasi yang baik dengan karyawan sehingga tidak menimbulkan banyak pertanyaan dari sisi karyawan dan pastikan ketentuan ini sudah disepakati oleh pekerja dan perusahaan sebelum diterapkan.

Dengan menerapkan sistem Cuti Tidak Dibayar karyawan yang belum mempunyai hak cuti cenderung kurang senang saat adanya cuti bersama karena merasa gajinya dipotong, namun jika kita melihat ke depan jatah cuti ditahun berikutnya akan utuh karena tidak dikurangi dengan cuti minus di tahun sebelumnya. Dan jika karyawan tersebut resign di tahun 2020 bukankan cuti tersebut akan diuangkan jika belum digunakan ? Dan tentunya dengan nilai gaji ditahun 2020.

Baik sistem cuti minus maupun cuti tidak dibayar tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan perusahaan harus mempertimbangkan setiap kekurangan dan kelebihan tersebut untuk melihat ketentuan mana yang cocok untuk perusahaannya. Selain itu pastikan ketentuan tersebut tercatat di Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama yang sudah disepakati oleh pekerja dan perusahaan.

Untuk mempermudah penerapan cuti minus maupun cuti tidak dibayar, perusahaan dapat memanfaatkan fitur cuti yang terdapat pada software HRIS, yang salah satunya adalah Sigma HRIS.

  

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories