Batas Akhir Pembayaran THR

14 May 2019 | Payroll | THR

Tidak terasa sudah memasuki bulan Ramadan, dan sebentar lagi umat muslim akan menyambut hari raya kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri atau biasa dikenal dengan hari raya Lebaran. Sudah menjadi melekat dalam ingatan kita, bahwa lebaran adalah saat untuk mudik ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Dan tidak hanya itu, hari raya juga identik dengan adanya THR (Tunjangan Hari Raya).

Peraturan THR

Kita perlu mengetahui beberapa poin penting peraturan THR dan tidak terkecuali Batas Akhir Pembayaran THR. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2018 yang sudah ditandatangani oleh Menteri Ketenagakerjaan, dan ditujukan kepada para Gubernur serta Bupati/Walikota se Indonesia yang menyebutkan bahwa THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan. Namun pemerintah menghimbau kepada para pengusaha untuk berusaha memberikan THR lebih cepat atau sesuai dengan ketentuan paling lambat yang sudah ditentukan. Tujuannya yaitu dengan pembayaran yang lebih cepat diharapkan para pekerja dapat lebih awal untuk mempersiapkan kebutuhan hari raya lebaran termasuk persiapan mudik.

Besaran THR

Besaran THR menggunakan perhitungan masa kerja karyawan. Adapun pekerja yang berhak mendapatkan THR adalah yang mempunyai masa kerja 12 bulan berturut-turut atau lebih sebesar 1 (satu) bulan upah. Sedangkan bagi pekerja yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan maka diberikan THR secara proporsional yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikalikan sebulan upah. Namun pemerintah tidak melarang apabila perusahaan memberikan nilai yang lebih baik dan disesuaikan dengan perjanjian yang telah disepakati oleh perusahaan dan pekerjanya. Dan untuk karyawan yang resign atau mengundurkan diri juga berhak atas THR namun harus memperhatikan beberapa hal yang bisa disimak disini.

Sanksi

Apabila pembayaran THR terlambat diberikan kepada pekerja maka pengusaha akan mendapatkan sanksi yaitu berupa denda 5% dari total THR yang harus dibayar. Dan jika pengusaha ada yang tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk membayar THR sesuai dengan ketentuan, maka sebaiknya pihak pengusaha harus berunding dengan pekerjanya untuk mencari solusi terbaik untuk kepentingan bersama.

 

Agar pembayaran THR bisa sesuai dengan peraturan pemerintah dan dibayarkan tepat waktu, maka perlu menggunakan software hris. Salah satunya adalah Sigma HRIS yang akan membantu Anda untuk menghitung THR secara otomatis, cepat dan tepat.

 


Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories