Sudahkah Anda Tahu Cara Menghitung Lembur ?

20 Jul 2020 | Human Resources | Umum

Sudahkah Anda Tahu Cara Menghitung Lembur ? - Ketika kita bekerja terkadang kegiatan lembur sulit dihindari, entah karena beban kerja yang menumpuk, perlu mengejar target produksi, pekerjaan mendadak, ataupun karena karyawan kurang bisa mengatur waktu dengan efisien sehingga penyelesaian pekerjaan tidak tepat waktu akhirnya lembur perlu dilakukan. Dan pada saat yang ditunggu – tunggu tiba yaitu hari penggajian, masih banyak karyawan yang menanyakan bagaimana cara menghitung lembur.

Untuk itu pada artikel ini dibahas cara menghitung lembur, yang mana rumus perhitungan lembur sesuai dengan undang - undang tentunya.

1.Pastikan Anda mengetahui apakah lembur di hari kerja atau di hari libur atau hari libur nasional dan pengalinya

a.Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja :

- Untuk jam kerja lembur pertama harus dibayar upah sebesar 1,5 kali upah sejam

- Untuk setiap jam kerja lembur berikutnya harus dibayar upah sebesar 2 kali upah sejam


b.Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi untuk waktu kerja 6 hari kerja 40 jam seminggu maka :

- Perhitungan upah kerja lembur untuk 7 jam pertama dibayar 2 kali upah sejam

- Jam kedelapan dibayar 3 kali upah sejam

- Jam lembur kesembilan dan kesepuluh dibayar 4 kali upah sejam


c.Apabila hari libur resmi jatuh pada hari kerja terpendek

- Perhitungan upah lembur 5 jam pertama dibayar 2 kali upah sejam

- Jam keenam 3 kali upah sejam -

- Jam lembur ketujuh dan kedelapan 4 kali upah sejam


d.Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi untuk waktu kerja 5 hari kerja dan 40 jam seminggu, maka :

- Perhitungan upah kerja lembur untuk 8 jam pertama dibayar 2 kali upah sejam

- Jam kesembilan dibayar 3 kali upah sejam

- Jam kesepuluh dan kesebelas 4 kali upah sejam


2.Ketahui Perhitungan Upah Per Jam

Berdasarkan pada Peraturan Kemenkertrans No. 102/Men/VI/2004 Pasal 8 Ayat 2, untuk perhitungan Upah per jam adalah 1/173 kali per upah sebulan.

Berikut ini contoh perhitungan - I :

Gaji Pokok Karyawan A sebesar 4,200,000. Karyawan A melakukan lembur selama 4 jam setelah jam kerja pada hari kerja normal. Jam kerja karyawan tersebut 08:00 – 16:00 (7 jam perhari dan 6 hari seminggu). Maka berapa lembur yang diterima A ?

Perhitungan Upah Per Jam


Detail Perhitungan Lembur Hari Kerja


Berikut ini contoh perhitungan - II :

Gaji Pokok Karyawan B adalah 3,800,000. Karyawan B melakukan lembur selama 12 jam (belum termasuk istirahat 1 jam) di hari Minggu. Dan jadwal kerja karyawan tersebut adalah 5 hari dalam satu minggu (Senin – Jumat). Maka upah lembur yang terima adalah :

Total Jam Lembur = 12 Jam – 1 jam istirahat = 11 Jam

Perhitungan Upah Per Jam


Detail Perhitungan Lembur Di Hari Libur


Untuk perhitungan lembur dapat juga menggunakan perhitungan lembur yang sudah disepakati antara perusahaan dengan karyawan yang sudah tertuang pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) maupun Peraturan Perusahaan (PP). Dan sebaiknya pihak perusahaan juga sudah menggunakan software HRIS untuk membantu mengkalkulasi lembur para karyawan, pasti sangat sulit dan memakan waktu apabila masih melakukan rekap lembur dan perhitungan uang lembur apabila masih menggunakan metode konvensional. Gunakanlah Sigma HRIS yang dapat membantu tidak hanya mengkalkulasi tapi memberikan detail perhitungan lembur. Dilengkapi juga fitur slip gaji online dan detail perhitungan pajak juga lho. Maka tunggu apa lagi..  

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories