Sudahkah Anda Mengetahui Cara Menghitung Insentif PPh21 DTP

28 Jul 2020 | PPh 21 | Metode Perhitungan

Sudahkah Anda Mengetahui Cara Menghitung Insentif PPh21 (DTP) ? - Mulai periode April, banyak karyawan yang bertanya-tanya karena muncul komponen Insentif PPh21 dalam slip gaji mereka. Apakah Anda juga ? Insentif PPh21 merupakan peraturan yang digagas oleh Menteri Keuangan demi mendukung berjalannya sektor industri yang terdampak wabah. Namun ternyata masih banyak karyawan yang belum memahami cara menghitung Insentif PPh21 (DTP) ini.

Simak contoh perhitungan dibawah ini :

Pak Budi sudah menikah dan memiliki 1 orang anak (K/1) & sudah memiliki NPWP yang merupakan karyawan PT NOP (KLU 10791), setiap bulannya menerima gaji dan tunjangan sebesar Rp 15.000.000 dan membayar iuran pensiun sebesar Rp 300.000.

Maka sekarang Anda sudah tahu dari mana asal dari insentif pph21 kan ?

Perhitungan diatas untuk menjawab pertanyaan bagi karyawan yang memiliki tipe gaji gross yang mana pph21 ditanggung oleh karyawan

Lalu bagaimana dengan karyawan yang pph21 nya ditanggung ataupun ditunjangan oleh perusahaan 

Nah untuk pertanyaan di atas sudah diinfo secara gamblang pada Peraturan Nomor 44/PMK.33/2020 Pasal 2 Ayat 5 yang berbunyi :

“PPh21 ditanggung Pemerintah harus dibayarkan secara tunai oleh Pemberi Kerja pada saat pembayaran penghasilan kepada Pegawai, termasuk dalam hal Pemberi Kerja memberikan tunjangan PPh21 atau menanggung PPh21 kepada Pegawai”

Dan untuk detil pembahasannya bisa cek disini.

Untuk perhitungan Insentif PPh21 ini juga dinilai sangat penting karena tidak hanya berdampak positif terhadap perusahaan tapi juga karyawan, maka dari itu software HRIS harus dapat mengakomodir perhitungan Insentif PPh21 ini secara cepat, tepat dan otomatis contohnya seperti Sigma HRIS yang selalu terupdate dengan adanya perhitungan pajak maupun kebijakan baru dari pemerintah.


Sumber :

Peraturan Nomor 44/PMK.03/2020

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories