Sudahkah Anda Lapor SPT Tahunan ?

03 Apr 2020 | PPh 21 | Metode Perhitungan

Sudahkah Anda Lapor SPT Tahunan ? - SPT Tahunan harusnya tidak menjadi hal asing bagi para pekerja di Indonesia. Setiap tahunnya karyawan akan menerima lembaran bukti pemotongan pajak pribadi atau biasa dikenal juga dengan nama Form 1721A1. SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan, pembayaran pajak baik objek pajak maupun bukan objek pajak, dan harta maupun kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Umumnya 1721A1 akan dibagikan pada awal tahun periode berikutnya dan Berdasarkan UU No. 28 Tahun 2007, pemerintah mengharuskan  seluruh wajib pajak untuk menyimpan dan melaporkan SPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Serta dihimbau untuk para wajib pajak melaporkan SPTnya secara online sampai dengan tanggal 31 Maret tahun berjalan.

Namun, baru-baru ini untuk batas waktu pelaporan SPT Tahunan 2019 di perpanjang hingga 30 April 2020 dengan tujuan untuk memberikan kelonggaran dan kemudahan untuk para wajib pajak.

Lalu dari mana kita mendapatkan SPT Tahunan ? Jawabannya tentu saja didapatkan dari perusahaan tapi Anda perlu tahu. Sigma HRIS merupakan salah satu Software HRIS yang menyediakan fitur untuk membantu HR&Payroll perusahaan untuk menghitung PPh21 karyawan. Seperti contohnya form 1721A1 dibawah ini :



Bagian payroll pun dapat menggunakan fitur e-Report untuk mengirimkan form SPT Tahunan ke email pribadi masing-masing karyawan atau bahkan di akses dari ESS (Employee Self Service) tiap karyawan melalui gadgetnya. Tidak perlu lagi mengantri untuk pengambilan di ruang HRD lagi. Cukup cek email yang terdaftar dan Anda bisa langsung melaporkan SPT Tahunan secara online. Yuk tunggu apa lagi pakai Sigma HRIS .

Sumber: UU No. 28 Tahun 2007





Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories