Siapa Yang Membayar Pajak Pesangon ?

29 Apr 2020 | PPh 21 | PPh21 Karyawan

Siapa Yang Membayar Pajak Pesangon ? - Akhir-akhir ini berdasarkan pengamatan dari berbagai media, perekonomian mungkin sedang tidak begitu baik, baik itu karena faktor internal maupun eksternal. Terdengar beberapa teman atau bahkan saudara kita yang terkena imbasnya yaitu terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja.

Dengan adanya PHK ini maka kewajiban perusahaan untuk membayarkan uang pesangonnya. Tentu saja uang pesangon yang dibayarkan disesuaikan dengan ketentuan atau syarat-syarat yang telah disepakati sebelumnya baik dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan ataupun Perjanjian Kerja Bersama.

Dan sebagai warga negara yang baik, kita juga harus membayar pajak atas pesangon yang kita dapatkan bukan ? Lalu sebenarnya siapa sih yang seharusnya membayar pajak atas pesangon ? Apakah karyawan tersebut atau pihak perusahaan ? Mari kita cek peraturannya..

Sebelum itu Anda perlu simak dahulu cara menghitung pajak pesangon disini.

Uang Pesangon merupakan penghasilan yang dibayarkan oleh pemberi kerja termasuk pengelola dana pesangon tenaga kerja kepada karyawan, dengan nama dan dalam bentuk apapun, sehubungan dengan berakhirnya masa kerja atau terjadi pemutusan hubungan kerja, termasuk uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak.

Dan dijelaskan dengan gamblang pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2020 Tentang Tata Cara Pemotongan PPh21 Berupa Uang Pesangon, Yang Manfaat Pensiun, Tunjangan Hari Tua, Dan Jaminan Hari Tua Yang Dibayarkan Sekaligus pada Pasal 1 Ayat 9, yang berbunyi :

“Pemotong Pajak adalah pemberi kerja, pengelola dana pesangon tenaga kerja, dana pensiun pemberi kerja, atau dana pensiun lembaga keuangan, badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja dan badan lain yang membayar uang pesangon, uang manfaat pensiun, tunjangan hari tua, dan jaminan hari tua.”

Maka apabila uang pesangon dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan maka, perusahaanlah yang wajib membayar, menyetorkan dan juga melaporkan pajaknya. Namun perlu Anda perhatikan juga bagaimana kesepakatan dengan perusahaan, karena biasanya hal ini juga akan diinfokan dalam kebijakan perusahaan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan ataupun Perjanjian Kerja Bersama.

Kemudian untuk menghitung Uang Pesangon karyawan dengan lebih mudah, cepat dan juga tentunya akurat, maka pergunakanlah software HRIS seperti Sigma HRIS. Sigma HRIS mengeluarkan rincian perhitungan pesangan dan lengkap pula dengan perhitungan pajaknya. Untuk itu tinggalkan lah sistem konvensional Anda dan pergunakanlah Sigma HRIS.

Sumber :

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2020 Tentang Tata Cara Pemotongan PPh21 Berupa Uang Pesangon, Yang Manfaat Pensiun, Tunjangan Hari Tua, Dan Jaminan Hari Tua Yang Dibayarkan Sekaligus

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories