Seberapa Penting Jaminan Hari Tua Bagi Pekerja ?

27 Sep 2019 | BPJS | BPJS Ketenagakerjaan

Seberapa Penting Jaminan Hari Tua Bagi Pekerja ? - Anda pasti sudah tidak asing dengan Jaminan Hari Tua, ya itu adalah salah satu program dari BPJS Ketenagakerjaan yang dahulu dikenal dengan nama jamsostek. Setiap bulannya karyawan diwajibkan untuk membayar iuran jaminan hari tua sebesar 1 % dari upah mereka. Tapi seberapa penting sebenarnya jaminan hari tua bagi para pekerja di Indonesia ? Mari kita simak bersama.

Hidup sejahtera pada masa pensiun adalah idaman seluruh pekerja. Ketika sudah tidak produktif dan tidak bekerja lagi nantinya pekerja ingin tetap hidup tenang bersama keluarga tanpa khawatir mengenai biaya sehari-hari. Untuk itu BPJS Ketenagakerjaan menyediakan fasilitas untuk mendukung persiapan dana pensiun para karyawan di Indonesia melalui programnya, salah satunya adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program jaminan sosial yang diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, ataupun meninggal dunia.

Program JHT memiliki beberapa karakteristik yaitu:

  1. Diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial / tabungan wajib :
    - Prinsip asuransi sosial didasarkan pada mekanisme asuransi dengan pembayaran iuran antara pekerja dan pemberi kerja
    - Prinsip tabungan wajib didasarkan -pada pertimbangan bahwa manfaat JHT berasal dari akumulasi iuran dan hasil pengembangan
  2. Tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menjamin agar peserta nantinya menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia.
  3. Kepersertaan perorangan
  4. Iuran total yang dibayarkan adalah sebesar 5,7% yang mana 3,7% ditanggung oleh pemberi kerja dan 2% ditanggung oleh pekerja.
  5. Manfaat berupa uang tunai dibayarkan sekaligus saat peserta memasuki usia pensiun, cacat total tetap atau meninggal dunia.

Perlu kita ketahui juga alasan pentingnya JHT bagi pekerja, yaitu :

  1. Sebagai salah satu dana pensiun
    Usia tidak hanya menentukan karier pekerja, bila Anda berpikir bahwa hanya karena usia Anda masih tergolong muda maka karier Anda akan berlangsung lama. Kenyataannya tidak seperti itu, Anda bisa saja mengalami kecelakaan sehingga mengalami cacat total tetap ataupun meninggal dunia. Untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan apapun, ada baiknya para pekerja memikirkan dana pensiun dari mulai dari usia produktif. Dengan merencanakan dana pensiun sedini mungkin, maka pekerja tidak perlu repot lagi menyiapkan dana pensiun saat akan memasuki masa pensiun. 
  2. JHT merupakan investasi dan bukan tabungan
    Pada dasarnya JHT bukanlah merupakan sebuah tabungan melainkan investasi, karena ketika pembayaran iuran setiap bulannya maka iuran tersebut akan diinvestasikan oleh pihak BPJS dengan harapan dalam beberapa puluh tahun dana yang akan disimpan akan berkembang sehingga pekerja dapat mendapatkan keuntungan dana pensiun yang lebih besar. Investasi sangat bergantung dengan waktu. Semakin dini pekerja berinvestasi maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Adapula pekerja yang memutuskan untuk mencairkan JHT dan bisa Anda simak disini. Maka berdasarkan informasi di atas. Maka penting sekali adanya dana pensiun, untuk itu dengan mewajibkan kepesertaan JHT adalah salah satu jalan yang tepat. Dan untuk menghitung JHT dengan cepat dan tepat, maka dibutuhkan software hris untuk perusahaan Anda seperti Sigma HRIS. Sigma HRIS akan otomatis menghitung JHT seluruh karyawan Anda.

Sumber :https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories