Seberapa Efektif Potongan dan Toleransi Keterlambatan?

11 Mar 2020 | Payroll | Perhitungan Gaji

Seberapa Efektif Potongan dan Toleransi Keterlambatan? - Anda termasuk karyawan yang sering terlambat sampai di kantor ? Macet diperjalanan atau kendaraan mogok di jalan biasanya banyak menjadi kendala, efeknya akan berujung pada penilaian kedisiplinan yang kurang memuaskan dan tentu saja sudah pasti akan muncul adanya potongan terlambat yang langsung akan memotong gaji Anda. Sudah siapkah Anda ? Artikel ini bukan untuk menakut-nakuti tetapi akan menambah informasi untuk Anda. Tapi ada juga beberapa perusahaan yang memberikan toleransi keterlambatan lho pada karyawannya namun tentu saja dengan pertimbangan tertentu. Dan yang menjadi pertanyaannya, apakah potongan terlambat dan toleransi keterlambatan dinilai cukup efektif ?

Berdasarkan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 95 ayat 1 disebutkan bahwa “Pelanggaran yang dilakukan pekerja/buruh karena kesengajaan atau kelalaiannya dapat dikenakan denda.”

Kemudian mengenai denda yang disebutkan di atas, diatur ketentuannya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1981 Pasal 20 Tentang Perlindungan Upah, yaitu :

  • Denda atas pelanggaran sesuatu hal hanya dapat dilakukan bila hal itu diatur secara tegas dalam suatu perjanjian tertulis atau peraturan perusahaan
  • Besarnya denda untuk setiap pelanggaran harus ditentukan dan dinyatakan dalam mata uang rupiah
  • Apabila untuk satu perbuatan sudah dikenakan denda, pengusaha dilarang untuk menuntut ganti rugi terhadap pekerja/buruh yang bersangkutan
  • Setiap ketentuan yang bertentangan dengan hal diatas maka dapat batal menurut hukum

Maka dari ketentuan tersebut, perusahaan dapat melakukan pemotongan gaji sebagai akibat dari karyawan yang terlambat, dengan syarat tentu saja hal tersebut sudah disepakati sebelumnya dalam perjanjian kerja bersama, perjanjian kerja, atau peraturan perusahaan. Untuk itu perlu kiranya Anda wajib memahami kebijakan perusahan karena sudah pasti kebijakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya berbeda. Mengenai efektif atau tidaknya tergantung dari kebijakan yang mendukung kinerja karyawan tersebut. Apabila Anda sering terkena potongan terlambat mungkin sebaiknya Anda dapat berangkat lebih pagi dan memastikan kendaraan Anda mumpuni untuk dibawa perjalanan dari dan ke kantor.

Satu hal lagi yang cukup penting, pastikan perusahaan Anda menggunakan software payroll yaitu Sigma HRIS yang dapat menghitung secara otomatis, potongan terlambat karyawan secara rinci dan dapat mengirimkan slip gaji online ke email Anda. Atau manfaatkan ESS (Employee Self Service) untuk mengakses slip gaji melalui gadget Anda.

Sumber :

  • UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Perlindungan Upah

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories