Perlukah Absensi Saat Istirahat ?

13 Jul 2020 | Absensi | Lembur

Perlukah Absensi Saat Istirahat ? - Pada pembahasan sebelumnya, sudah dibahas mengenai bagaimana peraturan shift kerja menurut Undang-Undang dan juga jenis shiftnya yang bisa dicek disini. Ada hal yang menarik didalamnya, bagaimana dengan jam istirahat ? Dan perlukah absensi saat jam istirahat ? Yuk coba kita bahas.

Tahukan Anda istirahat disela-sela waktu kerja merupakan hal penting yang wajib diberikan perusahaan kepada para karyawannya ? Buktinya adalah istirahat merupakan hal yang diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 79 Ayat 1 yang berbunyi :

“ Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh”

Waktu istirahat yang dimaksud diatas yaitu istirahat antara jam kerja, sekurang-kurangnya 30 menit setelah bekerja selama 4 jam secara terus menerus dan waktu istirahat tidak terhitung sebagai jam kerja. Pada umumnya perusahaan memberikan waktu istirahat selama 1 jam biasanya dari pukul 12:00 – 13:00 untuk jam makan siang dan juga diberi waktu untuk melaksanakan ibadah soal bagi karyawan yang beragama islam. Hal tersebut biasanya pasti diatur dalam kebijakan yang sudah disepakati antara perusahaan dan karyawan yang tertuang dalam PP (Peraturan Perusahaan) maupun PKB (Perjanjian Kerja Bersama).

Kemudian muncul pertanyaan paling pentingnya yang sering kali ditanyakan para karyawan, perlukah absensi ketika istirahat ? Nah bagaimana ini ?

Jawabannya adalah tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Ada perusahaan yang membutuhkan on time performance (OTP) umumnya perusahaan jasa/services, atau perusahaan manufaktur yang menggunakan ban berjalan sehingga karyawan harus selalu standby tepat waktu untuk melakukan pekerjaannya dan menggunakan bel sebagai tanda mulai dan berakhirnya jam istirahat. Berbeda dengan perusahaan selain itu yang jam kerjanya bisa digantikan dengan jam lainnya. Maka pastikan lah Anda sudah mengetahui dengan cermat aturan maupun kebijakan di perusahaan Anda ya.

Dan untuk membantu bagian HRD menghitung jam kerja karyawan, melakukan pengaturan shift kerja dan juga mengolah data absensi karyawan, diperlukan software HRIS yang canggih seperti Sigma HRIS. Sigma HRIS memiki fitur lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan, tidak perlu lama lagi untuk melakukan perhitungan kalkulasi gaji karyawan setiap bulannya. Tidak perlu lagi mencetak slip gaji satu persatu, cukup gunakan Employee Self Service dan Sigma HRIS Mobile maka karyawan dapat mengakses slip gaji melalui gadget masing-masing .

Sumber :

Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories