Pentingnya Pelaporan 1721A1 Secara Online

18 Nov 2019 | PPh 21 | Metode Perhitungan

Pentingnya Pelaporan 1721A1 Secara Online - Beberapa tahun terakhir ini pemerintah sangat aktif melakukan sosialisasi untuk aktif pembayaran, penyetoran dan juga pelaporan pajak. Sejak adanya layanan online pajak yang disediakan oleh pemerintah, para pekerja semakin dipermudah dalam melaporkan SPT. SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan, pembayaran pajak baik objek pajak maupun bukan objek pajak, dan harta maupun kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Berdasarkan UU No. 28 Tahun 2007, pemerintah mengharuskan seluruh wajib pajak untuk menyimpan dan melaporkan SPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Nah, dalam UU tersebut, secara garis besar kita dapat menyimpulkan fungsi dari SPT adalah:

  • Melaporkan pelunasan atau pembayaran pajak yang sudah dilakukan, baik secara personal maupun melalui pemotongan penghasilan dari perusahaan dalam jangka waktu satu tahun.
  • Melaporkan harta benda yang dimiliki di luar penghasilan tetap dari pekerjaan utama.
  • Melaporkan penghasilan lainnya yang termasuk ke dalam kategori objek pajak maupun bukan objek pajak.

Kemudian berdasarkan Per-16/PJ/2016 Pasal 23 Ayat 1, Perusahaan harus memberikan bukti pemotongan PPh21 atas penghasilan yang diterima atau diperoleh Pegawai Tetap atau penerima pensiun berkala paling lama 1 (satu) bulan setelah tahun kalender berakhir. Salah satu bukti pemotongan PPh Pasal 21 adalah 1721A1, yaitu formulir khusus untuk karyawan yang bekerja di perusahaan swasta termasuk diantaranya pegawai tetap, penerima pensiun, penerima tunjangan hari tua dan penerima tunjangan hari tua. Jika menggunakan metode konvensional, maka perusahaan akan mencetak dan membagikan kepada karyawan biasanya bersamaan dengan periode gaji januari atau febuari.

Proses inilah yang selama ini memakan waktu lama. Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi maka software HRIS yaitu Sigma HRIS mencoba memberikan solusi bagi HRD & Payroll yaitu adanya 1721A1 Online yang mana fitur ini memungkinkan 1721A1 dikirimkan ke email pribadi masing-masing karyawan secara otomatis.

Formulir 1721A1

Lalu apa saja manfaat dari 1721A1 Online ?

  • Efisien
    Yang biasanya membutuhkan 1 orang karyawan HRD & Payroll untuk menyediakan 1721A1 dan membagikan ke karyawan, maka dengan 1721A1 Online HRD & Payroll tersebut bisa melakukan pekerjaan lainnya tanpa perlu sibuk membagikan kepada karyawan ataupun department head. Dan dari sisi karyawan juga tidak perlu lagi meminta pada HRD & Payrollnya karena cukup memantau email pribadi masing-masing saja.
  • Hemat Waktu
    Biasanya membutuhkan waktu yang lama karena harus mencetak ratusan atau bahkan ribuan lembar 1721A1 maka dengan 1721A1 Online user HRD & Payroll cukup butuh beberapa menit saja untuk memproses pengiriman otomatis ke email karyawan.
  • Sesuai Kebutuhan
    Saat ini program pemerintah untuk pelaporan pajak diharuskan menggunakan e-SPT dan tidak lagi perlu untuk melaporkan formulir 1721A1 ke kantor pajak terdekat. Maka dengan adanya 1721A1 Online maka tidak perlu melakukan pencetakkan dokumen dan karyawan cukup hanya menggunakan 1721A1 Online sebagai acuan untuk pengisian e-SPTnya.

Dengan adanya fitur 1721A1 Online maka akan lebih memudahkan baik dari sisi pengusaha (Bagian HRD & Payroll) ataupun dari sisi karyawan. Maka masihkah Anda melaporkan 1721A1 secara konvensional ?

Sumber:

  1. UU Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP)
  2. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per – 16/PJ/2016 Tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan / atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi Undang Undang Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories