PPh21 Ditunjang Perusahaan, Masihkah Dapat Insentif PPh21 ?

02 Apr 2020 | PPh 21 | Metode Perhitungan

PPh21 Ditunjang Perusahaan, Masihkah Dapat Insentif PPh ? - Masih ingat kan dengan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang baru-baru ini dikeluarkan yaitu PMK Nomor 23/PMK.03/2020 Tentang Insentif Pajak Untuk Wajib Pajak Terdampak Wabah, sebagai salah satu dukungan pemerintah dalam rangka mendukung penanggulangan dampak wabah penyakit tersebut. Dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dapat dilihat di artikel sebelumnya (Klik Disini). Salah satu dari inti PMK tersebut adalah pemerintah memberi insentif pajak penghasilan (PPh21) kepada karyawan yang memiliki penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 200.000.000. Lalu bagaimana dengan karyawan yang PPh21 nya ditunjang oleh perusahaan ? Berhak kah atas insentif PPh ? Ayo kita simak..

Salah satu syarat mutlak karyawan berhak atas insentif PPh adalah memiliki NPWP, Anda sudah memiliki NPWP bukan ? kalau belum coba cek artikel berikut ini. Nah kembali ke pertanyaan sebelumnya, bagaimana dengan karyawan yang pajaknya ditunjang perusahaan ?

Jawabannya adalah Ya, insentif PPh tetap diberikan bagi karyawan yang ditunjang PPhnya, seperti yang diinfokan pada PMK Nomor 23/PMK.03/2020 Pasal 2 Ayat 4 yang berbunyi

“PPh Pasal 21 ditanggung Pemerintah harus dibayarkan secara tunai oleh pemberi kerja pada saat pembayaran penghasilan kepada Pegawai, termasuk dalam hal pemberi kerja memberikan tunjangan PPh Pasal 21 atau menanggung PPh Pasal 21 kepada Pegawai”

Nah sudah jelas bukan? Lalu berikut ini contoh perhitungannya :

Pak Sutarman (K/1) merupakan pegawai tetap dan memiliki NPWP di PT XYZ (Perusahaan sabun dengan KLU 20231), pada bulan Juli 2020 menerima gaji dan tunjangan sebesar Rp 15.000.000 dan membayar iuran pensiun sebesar Rp 300.000 serta PT XYM juga memberikan tunjangan PPh Pasal 21 sebesar Rp 1.000.000.

Untuk membantu menghitung Insentif PPh21 dari Pemerintah (DTP) ini maka sebaiknya Anda menggunakan Sigma HRIS sebagai software HRIS Anda. Otomatis, cepat dan akurat, detail hitungan pajaknya pun sudah lengkap tersedia. Butuh payslip online ? tentu saja juga sudah ada dalam fitur kami. Ayo tunggu apa lagi  

Sumber:

PMK Nomor 23/PMK.03/2020



Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories