Ketahuilah Manfaat BPJS Kesehatan

06 Jan 2020 | Human Resources | Umum

Ketahuilah Manfaat BPJS Kesehatan - Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada 1 Januari 2014 pemerintah telah meluncurkan program BPJS Kesehatan dan manfaatnya banyak dirasakan oleh masyarat, terutama masyarakat kecil dan menengah. Meskipun BPJS Kesehatan masih memiliki sistem dan mekanisme yang belum sempurna namun sepertinya BPJS Kesehatan masih berusaha akan perbaikan demi dapat melayani seluruh masyarakat. Tidak lupa juga, pemerintah mewajibkan perusahaan mendaftarkan seluruh karyawannya dalam program BPJS Kesehatan. Dan baru-baru ini juga muncul peraturan pemerintah menyetujui kenaikan batas maksimal upah (Link kenaikan batas upah bpjs kesehatan) dan juga adanya kenaikan iuran sebesar 100% untuk peserta bukan penerima upah. Maka dari itu kita perlu ketahui apa saja sih manfaat dari BPJS Kesehatan.

  1. Murah
    Dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya, BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan dengan premi yang bisa dikategorikan murah tapi tidak murahan. Peserta mendapatkan banyak keuntungan seperti rawat inap, melahirkan, pembedahan dan juga obat. Bahkan untuk tindakan hemodialisa atau cuci darah juga dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.
  2. Mudah dan Tanpa Pengecualian
    BPJS Kesehatan tergolong mudah dalam pendaftarannya, cukup datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dan melengkapi dokumen dan tanpa perlu melakukan medical check up terlebih dahulu. Peserta juga tidak perlu khawatir tentang penyakit yang tidak ditanggung, karena seluruh penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Tapi apabila pembedahan yang berhubungan dengan estetika, alternative, dan infertilitas tentu saja tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.Untuk hal pembayaran premi pun bisa dilakukan dimana saja bahkan bisa juga di minimarket terdekat.
  3. Dijamin Seumur Hidup
    BPJS Kesehatan merupakan satu-satunya asuransi kesehatan yang memberikan proteksi kesehatan hingga seumur hidup, selama masih menjadi peserta dengan teratur membayarkan premi. Dan hal ini lah yang menjadikan BPJS Kesehatan primadona dikalangan masyarakat.
  4. Dapat Melakukan Perubahan Data Secara Online
    Untuk perubahan data juga tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup melakukan perubahan data secara online melalui websitenya atau melalui aplikasi dari gadget para peserta tanpa perlu capek-capek mengantri panjang.
  5. Prinsip Gotong Royong
    Dengan adanya kewajiban bagi setiap penerima upah untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka prinsip gotong royong ini sangat lekat dengan program ini. Tujuannya premi yang dibayarkan oleh peserta lain dan tidak dipakai akan digunakan untuk membantu peserta lainnya yang mengalami penyakit berat, dan terjadi seperti subsidi silang dan gotong royong. Maka dari itu BPJS Kesehatan dianggap istimewa daripada asuransi kesehatan pada umumnya.

Dengan adanya info di atas, maka calon peserta ataupun peserta sudah mengetahui manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari mengikuti program BPJS Kesehatan. Dan untuk perusahaan juga tidak perlu pusing untuk menghitung premi seluruh karyawannya, cukup gunakan saja Software HR yaitu Sigma HRIS untuk memudahkan kalkulasi penggajian termasuk BPJS Kesehatan.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories