Jangan Lupa, Batas Max Upah BPJS Kesehatan Per Januari 2020

23 Dec 2019 | BPJS | BPJS Kesehatan

Jangan Lupa, Batas Max Upah BPJS Kesehatan Per Januari 2020 - Setelah banyaknya polemik dan isu yang berkembang di masyarakat, akhirnya sudah diputuskan bahwa adanya perubahan atas batas maksimal upah untuk Pekerja Penerima Upah (PPU) yang dirilis pada tanggal 24 Oktober 2019 lalu. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Presiden No 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam aturan tersebut disebutkan juga bahwa adanya kenaikan premi iuran BPJS Kesehatan. Nah mari kita bahas bersama.

Dengan adanya Peraturan Presiden No 75 Tahun 2019 mengakibatkan adanya perubahan premi iuran pensiun pada peserta pribadi sebagaimana tampilan tabel dibawah ini :

Lalu bagaimana dengan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) ?

Untuk peserta PPU masih menggunakan persentase yang sama dengan yang sebelumnya atau tidak mengalami perubahan yaitu total 5% (4% premi dibayarkan oleh perusahaan dan 1% premi dibayarkan oleh karyawan). Namun berimbas pada adanya kenaikan batas upah maksimal yang mana tadinya batas upah maksimal adalah Rp 8.000.000 (delapan juta rupiah) maka per Januari 2020 batas maksimal upah menjadi Rp 12.000.000 (dua belas juta rupiah).

Contohnya, Agus bekerja sejak 5 Maret 2016 di PT ABC, gaji pokok dan tunjangan tetap Agus selama ini adalah sebesar Rp. 9.000.000 (Sembilan juta rupiah). Berikut ini perhitungan BPJS Kesehatan Agus :

Sampai dengan saat ini adanya kenaikan premi dan juga kenaikan batas upah maksimal masih menjadi topik hangat di antara para pekerja maupun pimpinan perusahaan. Kita semua berharap dengan adanya kenaikan BPJS Kesehatan ini maka adanya kenaikan kualitas juga dari BPJS Kesehatan dan dibutuhkan sosialisasi kembali mengenai manfaat akibat adanya perubahan ini. Serta dibutuhkan juga software hris yaitu Sigma HRIS untuk membantu menghitung BPJS Kesehatan premi iuran karyawan maupun perusahaan secara otomatis.

Sumber :

Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories