Inilah Penghasilan Yang Tidak Dipotong PPh21

23 Apr 2021 | PPh 21 | PPh21 Karyawan

Inilah Penghasilan Yang Tidak Dipotong PPh21 - Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh21) merupakan pajak atas penghasilan dalam bentuk upah, gaji, honorarium, tunjangan atau suatu pembayaran dengan nama dan bentuk apapun yang diperoleh melalui pekerjaan, jasa, jabatan maupun kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi sebagai subjek pajak. Dan setiap bulannya ketika menerima penghasilan terkadang terbersit pertanyaan, “kok semua dikenakan pajak sih ?” Sebenarnya adakah penghasilan yang tidak dipotong pajak ? Nah ternyata ada lho penghasilan yang tidak dipotong PPh21. Berikut ini infonya :

Berdasarkan PER-16/PJ/2016 berikut ini penghasilan yang tidak dipotong PPh21 :

  1. Pembayaran manfaat atau santunan asuransi dari perusahaan asuransi sehubungan dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi dwiguna dan asuransi beasiswa
  2. Penerimaan dalam bentuk natura dan atau kenikmatan dalam bentuk apapun oleh wajib pajak atau pemerintah, kecuali penghasilan yang bersifat final (contohnya pesangon) dan penghasilan yang dikenakan pajak berdasarkan norma perhitungan khusus (deemed profit)
  3. Zakat yang diterima oleh oleh pribadi yang berhak dari badan atau lembaga amil zakit yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia yang diterima oleh oleh pribadi yang berhak dari lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, sepanjang tidak ada hubungan dengan usaha, pekerjaan, kepemlikan, atau penguasaan di antara pihak-pihak bersangkutan
  4. Beasiswa


Kemudian apabila Anda ingin mengetahui penghasilan yang dipotong PPh21, bisa dicek disini.

Berdasarkan info di atas maka sudah jelas ya apa saja penghasilan yang tidak dipotong PPh21. Yang tidak kalah pentingnya, perusahaan juga sebaiknya sudah menggunakan dapat software HR ataupun software payroll seperti Sigma HRIS, karena Sigma HRIS sudah dilengkapi dengan fitur-fitur perhitungan pajak yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah dan selalu terupdate sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Dengan menggunakan Sigma HRIS akan membuat pekerjaan HRD dan Payroll lebih efektif dan efisien, serta transparan karena sudah dilengkapi dengan detail perhitungan pajak. Ayo tunggu apa lagi hubungi kami ya.


Sumber :

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-16/PJ/2016 Tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi.

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories