Bolehkah Karyawan Menolak Penempatan Kerja?

07 Apr 2020 | HRIS Software | Human Resources

Bolehkah Karyawan Menolak Penempatan Kerja? - Penempatan kerja merupakan salah satu topik yang menarik untuk dibahas, penempatan kerja merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menyalurkan kemampuan sumber daya manusia dengan cara menempatkan karyawan pada suatu tempat atau jabatan yang dianggap sesuai. Dengan penempatan kerja yang tepat, diharapkan dapat mengisi posisi organisasi yang masih kosong.

Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi penempatan kerja ? Berikut faktor-faktornya :

  • Prestasi & KinerjaPrestasi yang telah dicapai oleh karyawan merupakan faktor terpenting dalam penempatan kerja.
    Biasanya perusahaan akan mempertimbangkan penempatan kerja berdasarkan prestasi diperusahaan, prestasi di bidang akademik sebelumnya maupun kinerja karyawan selama bekerja sampai saat ini agar karyawan tersebut ditempatkan ditempat yang sesuai.
  • Pengalaman
    Pengalaman juga merupakan faktor penting, bahwa semakin lama karyawan itu bekerja semakin banyak pula pengalaman serta keahlian yang diperoleh. Dan banyaknya pengalaman kerja dapat membantu karyawan dalam penempatan kerja di tempat yang baru nantinya.
  • Kesehatan
    Perusahaan cenderung memperhatikan kesehatan karyawan baik fisik dan mental pada saat penentuan penempatan kerja. Karena tanpa memperhatikan kesehatan karyawan justru malah akan membebani karyawan serta perusahaan itu sendiri di penempatan kerja yang baru.
  • Status Perkawinan
    Status perkawinan juga dianggap sebagai bahan dalam pertimbangan penempatan kerja karyawan. Apabila karyawan sudah berkeluarga terkadang dapat membuka peluang karyawan menjadi tidak fokus karena jauh dari keluarga. Namun, banyak pula perusahaan yang memberikan fasilitas bagi karyawan beserta keluarga untuk penempatan kerja baru lho.
  • Usia
    Dalam penempatan kerja, usia perlu menjadi faktor pertimbangan, karena faktor usia banyak dianggap dapat mempengaruhi karyawan dalam beradaptasi dan juga berprestasi.

Kemudian muncul pertanyaan terpenting yang banyak sekali ditanyakan para karyawan, yaitu bolehkah kita selaku karyawan menolak penempatan kerja yang diberikan oleh perusahaan ?

Berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 32 Ayat 1 yaitu :

“Penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas terbuka, bebas, objektif, serta adil, dan setara tanpa diskriminasi.”

Maka berdasarkan pasal diatas tentu saja penempatan kerja berdasarkan dengan kesepakatan antara karyawan dan juga perusahaan. Apabila karyawan menolak maka bisa didiskusikan kembali dengan pihak perusahaan. Karena sesungguhnya penempatan kerja bertujuan untuk menempatkan karyawan pada jabatan yang sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat dan minat serta kemampuannya. Dan tidak lupa untuk memperhatikan segala faktor di atas.

Jangan lupa juga untuk memastikan penggunaan software HRD yang tepat untuk perusahaan Anda, seperti Sigma HRIS. Sigma HRIS juga akan membantu Anda untuk menyediakan data yang akan digunakan data untuk proses penempatan kerja karyawan. Tidak perlu lagi banyak kertas dan dokumen diatas meja cukup buka Sigma HRIS dari gadget Anda masing-masing. Mudah bukan ? Lalu untuk apa berpikir lagi ? Ayo pakai Sigma HRIS sekarang.

Sumber : UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories