Berapa sih Persentase Gaji Pokok & Tunjangan Berdasarkan UU?

24 Aug 2020 | Payroll | Perhitungan Gaji

Berapa sih Persentase Gaji Pokok & Tunjangan Berdasarkan UU? - Topik mengenai komponen gaji tidak akan pernah habis untuk dibicarakan. Seperti yang kita ketahui bersama masih banyak bagian HRD & Payroll yang mengalami kesulitan untuk menetapkan komponen gaji karyawan. Untuk itu artikel ini akan membantu salah satu pertanyaan yang banyak sekali muncul di pikiran banyak pekerja, yaitu berapa sih sebenarnya presentase gaji pokok dan tunjangan berdasarkan UU Ketenagakerjaan?

Berdasarkan PP Nomor 78 tahun 2015 Pasal 5, dalam menentukan pengupahan bagi pekerja terdapat 3 jenis komponen, yaitu:

  1. Upah tanpa tunjangan
  2. Upah pokok dan tunjangan tetap
  3. Upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap

Nah, apabila komponen upah yang terdiri atas upah pokok dan tunjangan tetap maka upah pokok minimal 75% dari jumlah upah pokok dan tunjangan kerja, seperti yang sudah diatur pada UU Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 94. Jadi sudah jelas maka presentase upah pokok adalah 75% dan tunjangan sebesar 25%.


Contohnya seperti dibawah ini:

Agus bekerja di PT. XYZ dan nantinya akan diberi total upah sebesar Rp 5.000.000. Komponen upahnya terdiri atas upah pokok dan tunjangan tetap, maka rinciannya sebagai berikut:



Pemilihan komponen upah diatas, dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Biasanya komponen upah sudah disepakati pada peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama yang sudah disepakati antara perusahaan dan pekerja.

Untuk memudahkan bagian HRD & juga payroll dalam mengolah data upah pokok dan juga tunjangan, maka sebaiknya menggunakan software HR yaitu Sigma HRIS untuk perhitungan yang cepat dan mudah serta perhitungan pajak yang rinci. Tidak perlu khawatir lagi untuk menjelaskan komponen upah kepada karyawan, cukup kirim slip gaji online dan para pekerjapun dapat mengakses dari gadget mereka masing-masing.

 

Sumber :

  • PP Nomor 78 tahun 2015
  • UU Nomor 13 Tahun 2003

 

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories