Bedanya Libur Nasional dan Cuti Bersama

26 Mar 2020 | Human Resources | Karyawan

Bedanya Libur Nasional dan Cuti Bersama - Istilah libur nasional dan cuti bersama memang memiliki kesamaan jika dilihat dari sisi tidak masuk kerjanya saja. Namun jika kita dilihat lebih jauh, 2 hal ini tentu memiliki arti yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Dimana letak perbedaannya?

Libur Nasional

Libur berarti bebas dari bekerja atau masuk sekolah. Dan jika digabungkan dengan kata Nasional bearti bebas bekerja atau masuk sekolah dalam skala nasional yang tanggal – tanggalnya diatur oleh pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Bersama 3 Menteri. Libur nasional biasanya ditetapkan untuk merayakan atau memperingati Hari Raya Keagamaan, Hari Bersejarah, dan Hari – hari penting lainnya yang sudah disepakati oleh pemerintah dan tentunya dengan mempertimbangkan aspirasi dari masyarakat. Jumlah Libur Nasional pada umumnya tidak mempengaruhi jumlah hak Cuti yang diterima oleh karyawan.

Cuti bersama

Cuti merupakan hak karyawan yang diberikan oleh perusahaan untuk tidak masuk bekerja setelah melewati masa kerja tertentu. Petunjuk untuk perhitungan hak cuti di atur pada Undang - undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan biasanya juga dirincikan melalui Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama yang sudah disepakati antara karyawan dan pemberi kerja. Pada umumnya jumlah cuti diberikan sebanyak 12 hari dalam satu tahun, dan tanggal penggunaannya bisa ditentukan oleh karyawan dengan persetujuan atasan ataupun perusahaan.

Sedangkan cuti bersama adalah waktu cuti yang ditentukan oleh pemerintah yang juga diatur dalam Surat Keputusan Bersama 3 Menteri. Dimana biasanya jumlah hari cuti bersama akan mengurangi jatah Cuti Tahunan karyawan. Sebagai contoh, saat seorang karyawan mendapat hak Cuti di bulan Januari sebanyak 12 hari dan ditahun tersebut jumlah Cuti bersama sebanyak 6 hari, maka hak cuti yang bisa diampil karyawan diluar tanggal Cuti Bersama adalah sebanyak 6 hari (12 - 6).

Begitulah penjelasan singkat terkait Libur Nasional dan Cuti Bersama. Sebagai seorang Warga Negara sekaligus karyawan dari sebuah perusahaan tentu kita harus mendukung kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah ataupun Perusahaan. Karena apapun itu pasti bertujuan untuk kebaikan dan keadilan secara keseluruhan. Untuk perusahaan yang sudah menggunakan Software HRIS Indonesia seperti Sigma HRIS tentu tidak perlu khawatir. Karena pengaturan Libur Nasional, Cuti Bersama dan jumlah hak cuti tentu akan lebih mudah untuk dilakukan.

Sumber: Undang - undang No 13 Tahun 2003

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories