Tips & Trik Menghitung Take Home Pay Karyawan

24 Jul 2019 | Payroll | Perhitungan Gaji

Pada era teknologi yang sangat berkembang saat ini, banyak sekali proses-proses yang masih dilakukan secara manual. Misalnya dengan menghitung take home pay karyawan. Sebelum kita membahas teknisnya, maka kita perlu tahu dahulu tentang Take Home Pay (THP). THP merupakan upah yang diterima atau dibawa pulang oleh pekerja yang berisi pendapatan rutin ataupun insidental yang merupakan hak karyawan yang telah disepakati sebelumnya berdasarkan perjanjian kerja, peraturan perusahaan maupun perjanjian kerja bersama yang telah disepakati sebelumnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan, upah terdiri atas :

  • Upah tanpa tunjangan
  • Upah pokok dan tunjangan tetap, atau
  • Upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap

Perbedaan antara upah dan THP sudah pernah dibahas di sini.

Lalu bagaimana menghitung take home pay karyawan apabila karyawan mendapatkan gaji net ?

Untuk perbedaan net dan gross juga sudah pernah dibahas di sini. Saat ini umumnya bagian payroll perlu menghitung secara manual mengingat perlu diperhitungkan BPJS Ketenagakerjaan dan juga kesehatan, lalu status pajak karyawannya. Namun jangan khawatir, saat ini Sigma HRIS sudah memiliki tools yang akan memudahkan Anda dan juga bagian payroll untuk melakukan simulasi take home pay karyawan. Tidak hanya metode gross, Sigma HRIS juga mendukung perhitungan dengan metode net.

Seperti contoh di bawah ini :

Agus diterima di PT. ABC dan ditawarkan oleh perusahaan dengan gaji dan tunjangan tetap sebesar Rp 9.000.000 net dan di hari raya nanti akan mendapatkan THR sebesar 1x upah maka berapa total biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan ? Saat ini Agus memiliki seorang istri dan belum mempunya anak serta memiliki NPWP yang masih aktif. Dan sudah didaftarkan ke dalam BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Maka isilah data pada tools berikut, klik link di sini dan isilah sesuai data seperti dibawah ini

Kemudian klik hitung, maka akan otomatis muncul berapa total biaya perusahaan serta take home pay karyawan tersebut.

Dengan tools seperti diatas maka cukup dengan beberapa detik saja, Anda sudah mendapatkan total biaya serta take home karyawan.

 

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories