Syarat Untuk Mendapatkan Uang Pisah Apabila Anda Resign

11 Feb 2020 | HRIS Software | Human Resources

Syarat Untuk Mendapatkan Uang Pisah Apabila Anda Resign - Pada tahun baru 2020 ini kita semua berharap perekonomian akan menjadi lebih baik dan lapangan pekerjaan diharapkan semakin banyak dan terbuka luas. Namun sayangnya saat ini ada saja perusahaan yang akhirnya terpaksa harus melakukan PHK. Untuk karyawan yang di PHK, seperti yang kita ketahui bersama, pastilah wajib diberikan pesangon dan uang pisah oleh perusahaan, lalu bagaimana dengan karyawan yang memilih untuk mengundurkan diri ?

Apakah berhak atas uang pisah ? dan jika memang berhak, apa saja syaratnya ?

Pada dasarnya UU Nomor 13 Tahun 2003 sudah menjabarkan mengenai pesangon yang berhak didapatkan oleh para pekerja. Tapi khususnya pada Pasal 162 sudah khusus dibahas untuk karyawan yang memilih untuk mengundurkan diri. Apabila seperti itu yang terjadi maka uang pisah dan uang penggantian hak yang didapatkan karyawan yaitu :

  • Cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur
  • Biaya atau ongkos pulang untuk pekerja dan keluarganya ketempat dimana pekerja diterima bekerja
  • Penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetapkan 15% dari uang pesangon dan atau uang penghargaan apabila memenuhi syarat
  • Hal-hal lain yang ditetapkan oleh perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja

Tapi untuk mendapatkan hak karyawan di atas, maka karyawan perlu memperhatikan syarat-syarat untuk mendapatkannya, yaitu :

  • Pengajuan permohonan pengunduran diri atau resign harus dilakukan paling lambat 30 hari dari tanggal pengunduran diri
  • Pastikan tidak sedang terikat dengan ikatan dinas
  • Masih melaksanakan kewajiban dan tugas yang diberikan sampai dengan tanggal pengunduran diri

Nah setelah membaca info di atas maka sudah mendapatkan bayangannya bukan ? lalu bagaimana dengan pajak pesangon ? Maka baca artikel berikut disini. Untuk mempermudah bagian HR & Payroll maka sebaiknya sudah menggunakan software HRIS seperti Sigma HRIS. Sigma HRIS sudah bisa diakses juga melalui gadget berbasis android dan ios lho. Yuk pakai Sigma HRIS ??

Sumber : UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories