Sudah Tahu Insentif PPh21 Dari Pemerintah Per 1 April ?

20 Apr 2020 | Human Resources | Umum

Sudah Tahu Insentif PPh21 Dari Pemerintah Per 1 April ? - Menteri Keuangan, Sri Mulyani resmi mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 23 Tahun 2020 mengenai 4 insentif pajak untuk wajib pajak yang terdampak . Salah satunya adalah mengenai insentif pajak penghasilan (PPh) Pasal 21.

Lalu apa saja hal yang perlu kita ketahui ?

  1. Berlaku untuk Klasifikasi Lapangan Usaha tertentu
    Pada PMK tersebut terdapat 440 jenis industri yang bisa menikmati insentif PPh21 ini. Beberapa jenis industri diantaranya seperti industri makanan dan minuman dan masakan olahan, industri pakaian jadi, industri besi dan baja dll. Apakah perusahaan Anda salah satu dalam kriteria yang dimaksud ?
  2. Berlaku untuk karyawan yang memiliki NPWP
    Untuk kriteria karyawan, insentif PPh21 berlaku untuk karyawan yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Apakah masih belum mau mengurus NPWP kalau sudah begini ? simak pentingnya NPWP disini.
  3. Penghasilan bruto maksimal Rp 200.000.000,00 setahun
    Dengan adanya insentif ini maka pemerintah akan menanggung PPh 21 karyawan yang penghasilan brutonya tidak lebih dari Rp 200.000.000,00 dalam setahun dengan menerapkan tarif Pasal 17 ayat 1a Undang-Undang PPh. Dan insentif PPh 21 yang ditanggung oleh pemerintah yang nantinya diterima oleh karyawan dari perusahaan maka tidak diperhitungkan sebagai penghasilan kena pajak.
  4. Masa berlaku
    Insentif PPh21 ini diberikan sejak masa pajak April hingga September 2020
  5. Pembayaran insentif bersamaan dengan penggajian karyawan
    Insentif PPh21 yang nantinya akan ditanggung oleh pemerintah, nantinya akan dibayarkan secara tunai oleh perusahaan bersamaan dengan penggajian atau penerimaan upah karyawan termasuk apabila perusahaan memberikan tunjangan PPh 21 atau menanggung PPh 21 karyawan.

Nah pasti sekarang Anda sudah mengetahui beberapa hal penting dari PMK baru ini kan ? Tapi jangan lupa, ada hal lain yang jauh lebih penting. Yaitu apakah sistem penggajian Anda sudah dapat mengakomodir peraturan baru ini ? Apalagi untuk Anda yang masih menggunakan perhitungan manual atau konvensional terutama apabila memiliki banyak karyawan, pasti sulit bukan ? Untuk itu gunakanlah Software Payroll yaitu Sigma HRIS yang mampu membantu Anda untuk menghitung PPh21 yang selalu update dan disesuaikan dengan peraturan pajak yang berlaku. Maka tinggalkan sistem lama Anda dan beralihkan ke Sigma HRIS sekarang juga.

Sumber : Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 23 Tahun 2020

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories