Ketahuilah Pentingnya Slip Gaji Online

04 Nov 2019 | Payroll | Perhitungan Gaji

Ketahuilah Pentingnya Slip Gaji Online - Efisiensi dalam bekerja merupakan hal penting bagi setiap instrumen dalam perusahaan tidak terkecuali bagian HR. HR memiliki peranan sangat penting dalam menjaga relasi antar karyawan dengan perusahaan, tak ayal HR menjadi representasi dari perusahaan dalam memenuhi permintaan karyawan atas data HR nya. Salah satu hal yang seringkali menjadi permintaan karyawan adalah slip gaji. Pada era teknologi saat ini slip gaji manual atau slip gaji kertas sudah mulai perlahan ditinggalkan dan beralih ke slip gaji online. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas kewajiban pemberian slip gaji. Berikut ini pembahasan mengenai pentingnya pemberian slip gaji online.

Berdasarkan UU No.78 Tahun 2015 Pasal 17 Ayat 2, Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran Upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh Pekerja/Buruh pada saat Upah dibayarkan.

Maka berdasarkan UU diatas perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada seluruh karyawan. Tujuan adanya slip gaji ini adalah untuk memberikan bukti tertulis jika suatu saat karyawan merasa ada gajinya belum dibayarkan atau kekurangan salah satu komponen gajinya, dan slip gaji ini dianggap sebagai bukti kuat bahwa hak karyawan sudah dipenuhi oleh perusahaan.

Contoh Slip Gaji Online



Slip gaji selain sebagai bukti penerimaan upah, juga bermanfaat sebagai rincian Take Home Pay karyawan, sehingga lebih transparan dan jelas apa saja yang didapatkan karyawan pada periode tersebut. Slip gaji juga biasanya dijadikan syarat untuk mengajukan KPR Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ataupun Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Lalu, apakah manfaat dari slip gaji online ?

  • Efisien
    Slip gaji konvensional membutuhan setidaknya 1 orang karyawan HRD & Payroll untuk melakukan pembuatan slip gaji melalui Microsoft Excel terlebih dahulu kemudian dicetak di kertas karbon menggunakan printer dotmatriks. Terkadang print dotmatriks dilakukan secara terpisah per departemen dan memerluka setting ulang. Tentu saja hal tersebut memakan banyak waktu dibandingkan dengan dikirimkan menggunakan e-slip dan langsung diterima di email karyawan masing-masing. Dari sisi karyawan juga akan lebih efisien karena tidak perlu harus meminta terlebih dahulu ke bagian HRD & Payroll.
  • Tepat Waktu
    Ketika proses gajian sudah selesai, dengan menggunakan software payroll maka bisa sistem dapat secara otomatis mengeluarkan e-slip sehingga karyawan tidak perlu menunggu selesainya pencetakkan slip gaji. Pada umumnya jika menggunakan slip gaji konvensional, slip gaji akan dibagikan kekaryawan beberapa hari setelah gajian.
  • Sesuai Kebutuhan
    Dengan e-slip karyawan bisa menentukan apakah akan mencetak slipnya atau tidak. Jika ada kebutuhan maka karyawan bisa mencetak slipnya sendiri dan jika tidak perlu maka tidak perlu dicetak. Hal ini juga berdampak dengan mengurangi pemakaian kertas sehingga lebih ramah lingkungan.

Apakah perusahaan Anda masih menggunakan slip gaji manual atau konvensional ? Maka sebaiknya Anda sudah beralih ke slip gaji online dan menggunakan Sigma HRIS sebagai software HRIS perusahaan Anda. Dengan menggunakan Sigma HRIS maka tidak perlu khawatir apabila Anda memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan, karena Sigma HRIS akan membantu perhitungan gaji secara otomatis, cepat, tepat dan juga akurat.

Sumber :Undang – Undang No.78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories